Iklan Bos Aca Header Detail

Datangi Pasar Kotaagung, Bunda Dewi Sidak Sekaligus Belanja

Datangi Pasar Kotaagung, Bunda Dewi Sidak Sekaligus Belanja

radarlampung.co.id - Tim monitoring Pemkab Tanggamus dipimpin Bupati Dewi Handajani melakukan sidak kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri, Rabu (22/5). Kali ini, monitoring dilakukan di Pasar Kotaagung.

Kegiatan itu diikuti Asisten Bidang Ekobang FB Karjiyono, Asisten Bidang Administrasi Firman Ranie, Sekretaris Diskoperindag Ishak, Kepala Dinas Kesehatan Sukisno dan Kepala Bagian Perekonomian Setkab Tanggamus Isnawati.

Kali pertama, tim mendatangi toko yang menjual kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak dan terigu. Dari sini, tim mengecek harga dan kualitas daging ayam serta ikan. Aneka takjil juga tidak luput dari perhatian bupati.

Kehadiran Dewi Handajani di Pasar Kotaagung menjadi perhatian pedagang dan pengunjung. Beberapa warga menyalami dan minta foto bersama.

Usai menanyakan harga dan bahan baku takjil, Dewi dan rombongan  menuju los pedagang ikan asin, telur dan sayur mayur. Dalam monitoring tersebut, ia juga membeli sejumlah barang yang dijual. Mulai dari ikan nibung, salak, kolang kaling, gula aren hingga tape singkong. Sidak ditutup dengan mendatangi sebuah minimarket di samping Terminal Kotaagung.

Dewi menuturkan, berdasar hasil monitoring, harga kebutuhan pokok masih stabil. Bahkan harga beberapa komoditas turun. Seperti bawang putih  yang sebelumnya melonjak hingga Rp65 ribu per kilogram, saat ini dijual Rp35 ribu per kilogram. Kemudian ayam potong Rp23 ribu per kilogram dari sebelumnya RpRp25 ribu.

\"Monitoring ini dilakukan untuk mengetahui harga kebutuhan pokok jelang Lebaran. Kemudian ketersediaan stok hingga keamanan produk yang dijual. Alhamdulillah, hasil pemeriksaan, negatif bahan berbahaya. Kalau untuk harga-harga saat ini, masih stabil dan stok mencukupi, \" kata Dewi.

Bunda--sapaan Dewi Handajani juga meminta agar jajarannya aktif turun ke pasar, sehingga dapat mengetahui sejumlah persoalan. Baik dari sisi ketersediaan stok, harga hingga menyerap aspirasi pedagang.

\"Saya minta satker terkait rutin turun ke pasar. Jangan hanya saat Ramadan atau menjelang Natal dan Tahun Baru saja. Harus rajin turun ke pasar ya,\" tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dewi juga mengimbau kepada pedagang untuk memperhatikan kebersihan pasar. \"Kondisi pasar harus tetap bersih, sehingga pengunjung betah. Dengan demikian, omzet penjualan akan meningkat,\" tegas Bunda. (ral/ehl/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: