Pemkab Pesawaran Salurkan Bantuan untuk Korban Puting Beliung

Pemkab Pesawaran Salurkan Bantuan untuk Korban Puting Beliung

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Pesawaran bergerak memberikan bantuan kepada warga yang terkena musibah puting beliung, Senin sore (8/2).

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona mengatakan, dirinya sudah mengintruksikan dinas terkait untuk memberikan bantuan awal.

Kemudian melakukan pendataan terhadap rumah warga yang mengalami kerusakan. Baik ringan, sedang maupun berat.

\"Sedang kita inventarisir, mana yang rusak ringan, sedang dan berat. Insya Allah akan kita berikan bantuan kepada warga yang rumahnya hancur,\" kata Dendi Ramadhona, Selasa (9/1).

Pemkab juga segera membahas besaran anggaran yang akan diberikan kepada warga yang rumahnya mengalami kerusakan.

\"Bisa jadi skema bantuannya seperti Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). Tapi anggarannya bersumber dari dana darurat bencana,\" jelasnya.

Terpisah, Sekretaris Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa didampingi OPD terkait memberikan bantuan terhadap warga lima kecamatan yang menjadi korban puting beliung.

\"Ya, hari ini kita diutus bapak bupati untuk meninjau, sekaligus memberikan bantuan kepada warga yang terkena musibah puting beliung kemarin,\" kata Kesuma Dewangsa saat memberikan bantuan di Balai Desa Cimanuk, Waylima.

Bantuan yang disalurkan berupa makanan, karpet tempat tidur, air mineral dan peralatan dapur

\"Untuk beras belum kita salurkan, sebabĀ  akan dilihat terlebih dulu. Karena kita berikan bantuan itu harus yang layak untuk dikonsumsi,\" tegasnya.

Diketahui, puting beliung merusak 14 rumah dan satu sekolah dasar diĀ  Kecamatan Waylima. Kemudian satu MTs dan rumah warga di Desa Kota Jawa, Kecamatan Waykhilau.

Puting beliung juga terjadi di Desa Sungailangka, Kecamatan Gedongtataan; Desa Timbangan dan Banjaran, Kecamatan Padangcermin serta pantai Klara. (ozi/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: