Iklan Bos Aca Header Detail

Pemkab Pesawaran Serahkan Bantuan untuk 40 IKM

Pemkab Pesawaran Serahkan Bantuan untuk 40 IKM

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemkab Pesawaran memberikan bantuan fasilitas mesin dan peralatan kepada 40 IKM. Ini merupakan salah satu upaya membina dan menumbuhkan serta mengembangkan Industri Kecil Menengah (KM).

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pesawaran Nanda Indira mengatakan, bantuan yang diserahkan di antaranya oven gas besar, alat pengering keripik, alat pertukangan dan lain-lain.

\"Ada sekitar 40 IKM yang bisa kita bantu saat ini. Setelah Covid-19, selama dua tahun lalu kita belum bisa memberikan bantuan,\" kata Nanda Indira saat penyerahan bantuan fasilitas mesin serta peralatan di kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pesawaran, Selasa (12/4).

Ketua TP PKK Pesawaran ini mengungkapkan, belum maksimalnya bantuan tersebut karena dampak pandemi yang berimbas ke berbagai sektor ekonomi.

\"Tahun lalu, kita masih upayakan sekitar 20 bantuan ke IKM,\" ucapnya.

Dilanjutkan, pemerintah tidak akan lupa tugasnya dalam membantu berkembangnya IKM. Namun, kondisi yang memaksa untuk belum bisa memberikan bantuan maksimal.

\"Saat ini sudah bisa. Semoga tahun depan kita bisa kasih 100 bantuan. Tapi UKM yang lainnya,\" tegasnya.

Untuk itu Nanda berharap, dengan adanya bantuan ini, para pelaku IKM bisa stimulan dan bermanfaat dan tetap semangat dan terus berinovasi.

Pihaknya bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan evaluasi serta survei kembali bantuan tersebut guna melihat sejauh mana efek pengembangan ekonomi kelompok IKM.

\"Harapan saya, manfaatkan sebaik-baiknya bantuan ini untuk lebih mensejahterakan keluarga. Kebetulan saat ini ada anggota dewan yang bisa kita minta tolong untuk menambah bantuan (secara budgeting) untuk IKM di Pesawaran. Dengan bantuan ini, IKM bisa meningkatkan produksi dan pemasaran, memanfaatkan fasilitas dan teknologi (medsos) yang ada,\" jelas Nanda kepada anggota Komisi III DPRD Pesawaran yang hadir.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pesawaran Sam Herman mengatakan, saat ini ada sekitar 2.184 UKM binaan dari pemerintah daerah dan Dekranasda.

\"Awalnya hanya ada sekitar 984 IKM. Setelah enam tahun dibina, jumlahnya meningkat hingga 2.184. Artinya ada penumbuhan dan pengembangan UKM di Pesawaran,\" kata dia.

Menurut Sam Herman, bantuan saat ini untuk penumbuhan dan pengembangan. \"Pelaku industri kecil ini dapat bantuan hibah. Karenanya bantuan ini akan diawasi pemanfaatannya. Pemerintah berharap agar bantuan ini menjadi titik awal guna peningkatan kesejahteraan,\" pungkasnya. (ozi/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: