Pemulihan Ekonomi, Dinas Perikanan Bantu Benih Ikan untuk Masyarakat

Pemulihan Ekonomi, Dinas Perikanan Bantu Benih Ikan untuk Masyarakat

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Perikanan Lampung Barat akan memberikan bantuan kepada masyarakat berupa benih ikan nila berikut pakan. Total bantuan yang disalurkan sebanyak 250.000 ekor ikan nila dan 7,5 ton pakan.

Kepala Dinas Perikanan Lambar Kamaluddin mengungkapkan, bantuan tersebut digulirkan dalam rangka pemulihan perekonomian masyarakat, yang selama ini terdampak pandemi virus Corona.

Melalui pemberian benih tersebut, masyarakat nantinya bisa memiliki penghasilan tambahan.

\"Kami akan berikan bantuan benih ikan nila dengan kuota untuk 100 orang. Masing-masing menerima sebanyak 2.500 ekor benih ikan. Kemudian 75 kilogram pakan ikan, sebagai pendukung agar produksi bisa maksimal dan benar-benar menghasilkan,\" kata Kamaluddin. Bantuan benih itu adalah ikan nila Nirwana yang akan didatangkan dari Sukabumi, Jawa Barat. Jenis ini pertumbuhannya sangat baik di Lambar dan sudah banyak dibudidayakan.

\"Untuk persyaratan penerima adalah masyarakat yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Proses pengajuannya dengan membuat surat permohonan kepada Dinas Perikanan diketahui oleh peratin,\" urainya.

Selain itu, Dinas Perikanan Lambar juga mengalokasikan bantuan calon indukan sebanyak 10 paket. Masing-masing sebanyak 400 ekor yang terdiri dari 100 ekor jantan dan 300 ekor betina.

\"Untuk penerima calon indukan ini tentunya adalah betul-betul pembenih. Artinya ia harus mampu menunjukkan keberhasilan melakukan pembudidayaan terhadap calon indukan yang diberikan, \" ujar Kamaluddin. (nop/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: