Iklan Bos Aca Header Detail

Pengurus MUI Tanggamus Dikukuhkan, Ini Harapan Bupati

Pengurus MUI Tanggamus Dikukuhkan, Ini Harapan Bupati

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tanggamus masa khidmat 2020-2025 resmi dikukuhkan, Selasa (28/7). Pengukuhan dipimpin langsung Ketua MUI Lampung Dr. KH. Khairuddin Tahmid di aula Hotel 21 Gisting.

Acara tersebut dihadiri Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Wakil Bupati AM Syafi\'i, Kajari David P. Duarsa, Kapolres AKBP Oni Prasetya, dan Kepala Kantor Kemenag Tanggamus Murdi Amin.

Dalam pengukuhan tersebut, pengurus MUI Tanggamus masa khidmat 2020-2025 terdiri dari KH A. Wahid Zamas sebagai ketua umum. Kemudian Sekretaris Umum Hajuli dan Bendahara Umum Irwandi.

Pengukuhan tertuang dalam Surat Keputusan MUI Lampung Nomor Kep-028/DP-P.IX/SK/V/2020 tentang Dewan Pertimbangan dan Dewan Pimpinan MUI Tanggamus Masa Khidmat 2020-2025.

Wahid Zamas dalam sambutannya mengatakan, pengukuhan pengurus dan rapat kerja daerah (Rakerda) I merujuk hasil Musyawarah Daerah (Musda) yang digelar Februari 2020.

\"Seharusnya pengukuhan ini dilakukan tidak lama setelah Musda. Namun karena terbentur pandemi virus Corona, maka diundur. Alhamdulillah, hari ini dapat terlaksana,\" kata Wahid Zamas.

Diharapkan MUI Tanggamus melalui program kerja yang telah disusun dalam rakerda dapat membantu pemkab. \"Sesuai dengan tema kegiatan, yakni Peran Ulama Sebagai Khodimul Ummah Menuju Tanggamus Yang Madani,\" urainya.

Dalam kesempatan tersebut, Wahid Zamas juga menyampaikan, MUI Tanggamus belum memiliki kantor sendiri.

\"Saya sampaikan kepada bupati, kalau MUI Tanggamus ini seperti kucing beranak. Artinya pindah-pindah terus. Tidak punya kantor. Alhamdulillah, usulan tersebut direspon bupati yang berjanji akan membantu agar MUI memiliki kantor sekretariat sendiri,\" sebut dia. Selain kantor sekretariat, Wahid Zamas juga meminta kepada Bupati Tanggamus agar kembali menghidupkan ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

\"Di Tanggamus ini ada banyak bibit bibit qori dan qariah. Sudah lama Tanggamus tidak menggelar MTQ. Itu sebagai syiar dan membumikan Al Quran,\" tegasnya.

Sementara Ketua MUI Lampung Khairuddin Tahmid berpesan kepada jajaran MUI Tanggamus untuk membantu pemkab. Utamanya dalam sumbangsih pemikiran demi kemajuan kabupaten itu.

Menurut dia, peran MUI ada tiga. Yakni  ikut membantu pemda; sebagai pelayan umat, mendidik dan mengedukasi umat serta memelihara umat agar memiliki panduan yang jelas dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Pada bagian lain, Bupati Dewi Handajani menyatakan siap mendapat kritik dari MUI Tanggamus. Terlebih dalam hal pembangunan, pemda tidak bisa sendiri. Tapi perlu dukungan semua pihak. Baik itu jajaran Forkopimda maupun MUI.

\"Kami juga butuh kritik konstruktif dari MUI sehingga terbangun situasi harmonis, saling asah, asih dan asuh demi mewujudkan Tanggamus Madani,\" kata Dewi Handajani.

Terkait kantor sekretariat MUI, bupati mengatakan bahwa hal itu akan diupayakan. Sambil menunggu gedung baru, MUI Tanggamus dipersilahkan berkantor di kompleks Islamic Center Kotaagung. (ehl/ral/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: