Disbunnak Wujudkan Usaha Tani Perkebunan Berbasis Konservasi

Disbunnak Wujudkan Usaha Tani Perkebunan Berbasis Konservasi

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Lampung Barat komitmen mengembangkan usaha tani perkebunan berbasis konservasi.

Saat ini sudah ada dua wilayah sebagai rintisan pekon konservasi. Yakni Pekon Batukebayan dan Pekon Kubuliku di Kecamatan Batuketulis.

Sekretaris Disbunnak Lambar Sitta Elida mengungkapkan, upaya mewujudkan usaha tani perkebunan berbasis konservasi tersebut mendapatkan dukungan dari Wildlife Conservation Society (WCS).

Dalam program tersebut, pihaknya bersama dengan WCS melakukan pembinaan terhadap petani. Kemudian membentuk Brigade Konservasi yang berjumlah 20 orang.

Mereka mendapatkan pelatihan dan pembinaan untuk selanjutnya diteruskan kepada petani lain.

”Mereka sudah dilatih terkait pemahaman tentang konservasi. Termasuk apa saja yang bisa dilakukan petani dalam rangka mendukung konservasi. Seperti membuat teras, siring, gulutan dan lainnya di lahan yang mereka garap untuk bercocok tanam,\" kata Sitta mewakili Kepala Disbunnak Lambar Nata Djudin Amran.

Tidak hanya terkait pengelolaan lahan untuk mendukung konservasi. Brigade Konservasi juga diberikan pelatihan pembuatan pupuk organik. Hal ini dilakukan untuk mengurangi ketergantungan petani dalam penggunaan pupuk kimia.

Sitta melanjutkan, dalam rangka menyatukan persepsi, mengingat  sejumlah OPD memiliki fokus yang sama terkait konservasi, WCS telah mengagendakan pertemuan dengan menghimpun seluruh perangkat daerah yang memiliki program di bidang konservasi. (nop/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: