Dissos Tanggamus Rehabilitasi Puluhan ODGJ

Dissos Tanggamus Rehabilitasi Puluhan ODGJ

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Sosial (Dissos) Tanggamus telah merehabilitasi puluhan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) pada 2021. Rehabilitasi bekerjasama dengan Yayasan Aulia Rahmah Bandarlampung.

Kepala Seksi Rehabsos Indra Mahyuddin mengatakan, kuota rehabilitasi ODGJ tahun 2021 sebanyak 20 orang. \"Alhamdulillah, kuota tersebut sudah terpenuhi,\" kata Indra mewakili Kepala Dissos Tanggamus Zulfadli.

ODGJ yang dirawat terdiri dari 13 laki-laki dan tujuh perempuan. Rata-rata berusia 30 tahun.

Prioritas rehab adalah ODGJ yang sudah sangat meresahkan. Seperti sering melukai atau bahkan mengancam keselamatan nyawa.

\"Kami prioritaskan untuk rehab adalah ODGJ meresahkan, seperti mengancam keselamatan anggota keluarga maupun masyarakat dan ODGJ menggelandang. Bisa juga atas permintaan dari keluarga. Namun dengan catatan orang tersebut benar-benar tidak mampu,\" sebut Indra.

Dilanjutkan, penanganan satu ODGJ diperlukan waktu tiga bulan dengan biaya per orang mencapai Rp7 juta. \"Jadi saat di Yayasan Aulia Rahmah, kebutuhan pakaian, makanan dan obat-obatan semua ditanggung,\" ujarnya. (ehl/ral/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: