Iklan Bos Aca Header Detail

Perguruan Tinggi Garda Terdepan Peningkatan Kualitas SDM Indonesia

Perguruan Tinggi  Garda Terdepan Peningkatan Kualitas SDM Indonesia

radarlampung.co.id - Institut Teknologi Sumatera (Itera) menggelar upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 RI di Lapangan kampus setempat, Sabtu (17/8).

Dalam upacara yang diikuti seluruh civitas akademika, Rektor Itera Prof. Ir. Ofyar Z. Tamin menyampaikan sambutan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. Mohamad Nasir yang mendorong Perguruan Tinggi (PT) tampil di garda terdepan dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul guna mendukung kemajuan Bangsa Indonesia di masa depan.

“Sumber daya manusia Indonesia harus unggul dalam segala bidang sehingga dapat bersaing secara global, terlebih ketika memasuki era industri 4.0. Kita sadar bahwa kemajuan industri yang berjalan di Indonesia tidak cukup hanya dengan infrastruktur, akan tetapi harus di dukung dengan peningkatan kualitas SDM,” katanya.

Ia menambahkan, sebagai langkah aktif menciptakan SDM unggul, satu hal yang harus ditempuh adalah selalu meningkatkan kualitas SDM yang dimiliki, serta menyiapkan diri agar mampu beradaptasi untuk mencapai keberhasilan dalam membangun bangsa.

Sebab, keunggulan SDM di era ini dapat dilihat dari tingkat inovasi dan kreativitas yang dihasilkan. Perguruan Tinggi, lembaga penelitian, dan LPNK juga harus saling bahu membahu, bekerja sama, menjadi lokomotif inovasi dan kreativitas bangsa, menjadi penggerak pembinaan dan pembudayaan inovasi dan kreativitas.

Hal tersebut telah didukung dengan terbitnya undang-undang Sistem Nasional IPTEK, sebagai pengganti atas undang-undang Nomor 18 Tahun 2002 yang menjadi momentum emas dalam peningkatan pembangunan kapasitas SDM Iptek dan peningkatan karya-karya besar invensi dan inovasi. (gie/kyd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: