Pesawaran Berbenah, Target Raih Kabupaten Peduli HAM

Pesawaran Berbenah, Target Raih Kabupaten Peduli HAM

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pesawaran mendapat predikat sebagai kabupaten yang cukup peduli HAM. Ini berdasar penilaian dari Kementerian Hukum dan HAM pada 2019.

Untuk meningkatkan status tersebut, tahun ini Pemkab Pesawaran telah memperbaiki sejumlah evaluasi yang diberikan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

\"Tahun lalu kita mendapat penilaian cukup peduli. Ada evaluasi. Salah satu indikator, kaitannya dengan kebutuhan dasar pendidikan. Itu sudah kita perbaiki,\" kata Sekretaris Kabupaten Pesawaran Kesuma Dewangsa didampingi Kabag Hukum Jenny Ricardo, Selasa (15/12).

Ini sesuai Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 34/2016 tentang Kriteria Daerah Kabupaten/Kota Peduli HAM yang didasarkan pada terpenuhinya hak atas kesehatan, pendidikan, perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

\"Terkait hak atas pendidikan yang menjadi evaluasi, sudah kita penuhi. Seperti data siswa, guru dan lainnya,\" ujarnya.

Kesuma melanjutkan, Pemkab Pesawaran menargetkan status kabupaten peduli HAM tahun depan.

\"Kita targetkan pada 2021 menjadi kabupaten peduli HAM. Kita koordinasi dan konsolidasi dengan Kanwil Kemenkumham Lampung,\" pungkasnya. (ozi/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: