Petani Jangan Hanya Diberi Bantuan, Harus Dibimbing!

Petani Jangan Hanya Diberi Bantuan, Harus Dibimbing!

RADARLAMPUNG.CO.ID - Penyuluhan serta bimbingan menjadi sangat penting ketika menggulirkan program untuk masyarakat. Pemahaman yang cukup oleh peternak atau petani, ikut meminimalisir terjadinya kegagalan.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi IV DPR RI Sudin saat bimbingan teknis penanaman bawang merah, padi BUB Balitbangtan dan ayam KUB yang digelar BPTP Lampung di Balai Kecamatan Sukoharjo, Pringsewu, Selasa (2/3).

Bimtek yang diikuti kelompok wanita tani (KWT) dan para penyuluh tersebut dihadiri Kepala BPTP Dr. Jackvy Hendra, Sekretaris Dinas Pertanian Maryanto, Wakil Ketua DPRD Pringsewu Rizky Raya serta anggota dewan lainnya.

\"Tahun 2018 diberi program ayam KUB. Jumlahnya sekian ratus ribu ekor. Tapi karena kurangnya penyuluhan, banyak yang mati,\" kata Sudin.

Sudin menegaskan, pihaknya sangat konsisten terhadap penghijauan. Namun tanaman yang ditanam berbentuk buah buahan, petai, termasuk jengkol.

\"Kita siapkan bibitnya. Bila masyarakat  perlu, ajukan dan tinggal ambil bibitnya,\" pesannya.

Wakil rakyat yang juga Ketua DPD PDIP Lampung itu juga konsisten terhadap kemandirian petani serta pemberdayaan keluarga.

Selain mendorong bibit buah, dirinya juga meminta ibu-ibu rumah tangga menanam sayuran di pekarangan rumahnya. (sag/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: