Polhut-Tentara Sita Ratusan Kayu Sonokeling Dari Register 39

Polhut-Tentara Sita Ratusan Kayu Sonokeling Dari Register 39

RADARLAMPUNG.CO.ID - Tim gabungan polisi kehutanan (Polhut) dari Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kotaagung Utara bersama personel Koramil 424-02/Wonosobo menemukan ratusan batang kayu Sonokeling. Diduga hasil pembalakan liar di Petak 80-81, hutan lindung Register 39 Kotaagung Utara.

Kepala KPH Kotaagung Utara Didik Purwanto mengatakan, ratusan kayu Sonokeling tersebut ditemukan saat polhut bersama personel Koramil melakukan patroli di Register 39 yang berbatasan dengan Pekon Atarlebar, Kecamatan Bandarnegeri Semuong pada 9 Maret 2021. \"Kami patroli bersama dengan personel TNI dari tanggal 8 Maret 2021. Kayu Sonokeling itu ditemukan pada 9 Maret 2021,\" kata Didik saat ekspose di Makodim 0424/Tanggamus, Selasa (16/3).

Didik yang didampingi Danramil Wonosobo Kapten Inf. Adi Hartono mengungkapkan, awalnya hanya ditemukan beberapa potongan.

Setelah ditelusuri, ternyata ada banyak. Kayu sengaja dipecah, bahkan ada yang ditutupi dedaunan agar tidak terlihat. \"Ini kalau dihitung, jumlahnya sekitar 300 batang,\" sebut dia.

Ratusan batang kayu yang berhasil diamankan memiliki ukuran bervariasi. Untuk panjang, mencapai 1-3 meter dengan diameter 20-30 cm.

\"Bentuknya sudah balok kaleng (Balken) dan bervariasi. Ada kayu sudah tua dan masih muda,\" urainya.

Lebih lanjut Didik mengatakan, pihaknya masih menyelidiki pelaku penebangan. \"Masih terus kita kejar pelakunya dan kami selidiki,\" tegasnya.

Sementara Danramil Wonosobo Kapten Inf. Adi Hartono mengatakan, penemuan ratusan batang Kayu Sonokeling tersebut berawal adanya info dari KPH Kotaagung Utara mengenai dugaan aktifitas pembalakan liar di Register 39 petak 80-81 yang berbatasan dengan Pekon Atarlebar.

\"Adanya informasi dari kehutanan langsung kami respon. Tadinya kami berpatroli di blok, sementara dialihkan ke Atarlebar,\" kata Adi Hartono mewakili Dandim 0424/Tanggamus Letkol Inf. Arman Aris Sallo. (ehl/ral/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: