Gajah Kembali Datang, Puluhan Rumah di Sukamarga Rusak

Gajah Kembali Datang, Puluhan Rumah di Sukamarga Rusak

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kawanan gajah dari Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) kembali mendatangi pemukiman warga di Talang Lokasi, Pekon Sukamarga, Kecamatan Suoh, Lampung Barat.

Rombongan hewan berbelalai ini merusak tempat tinggal penggarap. Mereka terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Anggota DPRD Lambar Sugeng Hari Kinaryo Adi yang turun meninjau sekaligus bermalam bersama masyarakat untuk berjaga-jaga mengungkapkan, saat ini kawanan gajah masih berada di sekitar Curug Gading, Talang Lokasi.

Posisinya hanya berjarak sekitar 300 meter dari titik masyarakat berkumpul untuk berjaga-jaga.

”Iya, saya berada di lokasi. Sebab kejadiannya tidak hanya sekali. Saat ini ada sekitar 25 rumah warga yang porak-poranda. Bahkan sebagian besar sudah tidak memungkinkan lagi untuk ditempati. Rencananya nanti malam saya bersama masyarakat akan ronda,\" kata Sugeng.

Politisi PDIP ini mengungkapkan, masyarakat tidak bisa berbuat banyak. Hanya berusaha menyelamatkan barang-barang berharga di dalam rumah yang hancur akibat serangan gajah.

”Untuk perempuan dan anak-anak, sudah lama mengungsi ke tempat yang  lebih aman. Sementara yang laki-laki tetap berada di lahan garapan dan bersama-sama satgas penanganan  konflik gajah berjaga-jaga,\" ucapnya.

Sementara Kepala BB TNBBS Bidang Wilayah II Liwa, Resort Suoh Sulki membenarkan kejadian tersebut. \"Ada 12 ekor gajah yang masuk ke lahan garapan dan merusak tempat tinggal warga,\" kata Sulki. (nop/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: