Gandeng IPB, Pemkab Tanggamus Kembangkan Padi Organik

Gandeng IPB, Pemkab Tanggamus Kembangkan Padi Organik

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemkab Tanggamus melalui Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DKPTPH) menggandeng Institut Pertanian Bogor untuk pengembangan padi organik.

Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Talangpadang Eriyanto M.Z. mengatakan, ada dua benih yang digunakan. Yaitu Sertani 14 yang ditemukan oleh Surono Danu dan Kabir 07.

\"Dua benih itu berasal dari Sumatera. Untuk Sertani 14, penemunya bapak Surono Danu asal Lampung Tengah dan Kabir 07, produk dari Aceh,\" kata Eriyanto mewakili Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Tanggamus Catur Agus Dewanto.

Padi organik tersebut ditanam di lahan percontohan milik BPP Kecamatan Talangpadang. Tepatnya di Pekon Kalibening dengan luas 1,8 hektare.

\"Dalam penanaman, kami gunakan banyak metode. Mulai dari jejer legowo 2:1, jejer legowo 4:1, jejer manten dan tegel (konvensional) 30 cm x 30 cm,\" urainya.

Dalam proses penanaman, seluruhnya menggunakan bahan organik. \"Pihak IPB mengirim dua orang, yaitu Dr. Ir. Ahyar Ismail, M.Agr dan Mulyadin. Keduanya bertugas memberikan pemahaman kepada petani untuk menggunakan pupuk organik dan pestisida nabati. Semua dibuat di BPP Talangpadang dan langsung diaplikasikan,\" terangnya.

Dilanjutkan, saat ini padi organik sudah siap panen. Rencananya panen akan dihadiri langsung Bupati Tanggamus Dewi Handajani. \"Insya Allah Senin (8/11), akan panen. Dijadwalkan Bupati Dewi Handajani akan hadir. Bupati juga akan meninjau pemanfaatan lahan oleh kelompok wanita tani (KWT), sekaligus pembagian piala dan piagam kepada KWT yang mengikuti lomba pemanfaatan lahan dengan tanaman sayuran,\" jelasnya. (ehl/rnn/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: