Iklan Bos Aca Header Detail

Positif Covid-19 di Tanggamus Tambah Dua Orang

Positif Covid-19 di Tanggamus Tambah Dua Orang

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pasien positif Covid-19 di Tanggamus bertambah dua. Total saat ini ada 44 warga terpapar virus Corona.

Juru hicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanggamus dr. Eka Priyanto mengatakan, dua warga tersebut terdata sebagai pasien 043 dan 044.

Dua-duanya laki-laki. Kasus baru, tidak terkait dengan hasil tracking dari pasien Covid-19 sebelumnya.

Untuk pasien 043 adalah seorang anak berusia 9 tahun dari Kecamatan Limau. Anak tersebut hasil tracking pasien Covid-19 yang ada di Bandarlampung.

\"Dari kasus Bandarlampung, ada empat orang yang dilakukan pemeriksaan RT-PCR. Hasilnya terdapat satu yang positif SARS CoV-2,\" kata Eka, Senin (19/10).

Eka menuturkan, pasien 043 menjalani isolasi di Puskesmas Antar Brak, Kecamatan Limau.

\"Atas kesepakatan bersama antara tim Gugus Tugas Kecamatan, Gugus Tugas Pekon serta Puskesmas Antar Brak, pasien diisolasi di puskesmas,\" urainya.

Pertimbangannya, tidak ada gejala pada pasien. Usia pasien juga masih 9 tahun.

Kemudian untuk pasien 044, laki-laki 65 tahun dari Kecamatan Pulaupanggung. Ia memiliki riwayat perjalanan dari Tangerang.

\"Pasien mengeluhkan nyeri kepala dan batuk kering disertai mual. Kemudian oleh keluarga dibawa ke RS Urip Sumoharjo, Bandarlampung untuk dilakukan pengobatan,\" urainya.

Di rumah sakit tersebut dilakukan beberapa tindakan. Yakni rapid tes dengan hasil reaktif, rontgen dada ditemukan gambaran bronkhopneumonia dextra dan pemeriksaan PCR hasilnya positif  SARS CoV-2.

\"Sekarang pasien 044 di isolasi di RS Urip Sumoharjo untuk mendapatkan penanganan atau tindakan lebih lanjut sesuai dengan tata laksana penanganan kasus Covid-19,\" papar Eka.

Eka melanjutkan, tindak lanjut dari dua kasus baru tersebut, Gugus Tugas Covid-19 Tanggamus akan melakukan tracking bagi orang yang kontak erat dengan para pasien.

Kemudian dilakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan pasien. Melakukan edukasi ke masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan virus.

\"Untuk orang yang sudah selesai isolasi, tetap melaksanakan protokol kesehatan guna menghindari penularan ulang dari lingkungannya,\" pungkas Eka. (ehl/ral/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: