Iklan Bos Aca Header Detail

Program PLN Peduli Sungai III Beri Reward Gedung

Program PLN Peduli Sungai III Beri Reward Gedung

Radarlampung.co.id - PT PLN Unit Pelayanan Pengendalian Pembangkit (UPDK) Bandarlampung, menyerahkan reward dari program PLN Peduli Sungai III Desa Talang Bandung. Penyerahan simbolis gedung sekertariat kelompok tani senilai Rp45 juta tersebut dilakukan di kantor PLN UPDK Bandarlampung, Senin (8/4).

Manager PT PLN (Persero) UPDK Bandarlampung, Yuli Tri Setyono mengatakan, ini merupakan salah satu rangkaian panjang dari program CSR yang diinisiasi PLN Peduli, untuk masyarakat di sekitar PLTA unit Waybesai.

\"Kegiatan program CSR ini terkait dengan pengelolaan peduli daerah aliran sungai Waybesai, dengan melibatkan masyarakat sekitar untuk ikut serta mengelola dan mempertahankan kualitas konservasi di daerah Waybesai,\" tuturnya kepada Radarlampung.co.id, Senin (8/4).

Harapannya, sambung dia, dari kegiatan tersebut, kondisi alam di sekitaran aliran sungai Waybesai tetap bisa terjaga dengan baik. Program ini sendiri telah berjalan sejak 2008 dan dibagi dalam tiga tahapan untuk kelompok masyarakat berbeda di sekitaran aliran sungai Waybesai.

Program CSR ini berjalan selama dua tahun pada masing-masing tahapan. Adapun kegiatan terdiri dari konservasi lingkungan dan vegetasi. Untuk konservasi lingkungan, PLN bersama kelompok masyarakat membuat sejumlah sekat sehingga sedimentasi di sisi hulu sungai tidak sampai masuk ke sungai utama.

Sedangkan untuk konservasi vegetasi dilakukan dengan menanam rumput-rumput sebagai penahan curah hujan berlebih, sehingga lapisan tanah tidak langsung turun ke sungai. Dalam tahapan ini, PLN bersama tim juga melakukan evaluasi untuk melihat tingkat keberhasilan dari program yang dijalankan.

\"Nanti ada parameter yang mengukur keberhasilannya, dan kalau berhasil kita berikan reward. Pada tahap pertama itu kita berikan rewar berupa hewan ternak senilai Rp20 jutaan, kemudian tahap dua berupa pembuatan mikro hidro senilai Rp30 juta,\" tandasnya.  (ega/kyd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: