Gulirkan Program untuk Turunkan Angka Stunting

Gulirkan Program untuk Turunkan Angka Stunting

RADARLAMPUNG.CO.ID - Bupati Dewi Handajani menyatakan bahwa Pemkab Tanggamus melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPPA Dalduk dan KB) tahun ini menggulirkan sejumlah program untuk penurunan angka stunting.

Hal itu disampaikan saat menghadiri sosialisasi pencegahan stunting yang dilaksanakan BKKBN bersama anggota Komisi II dan IX DPR, di Bukit Idaman, Gisting, Rabu (10/11).

\"Upaya-upaya yang kami lakukan selama ini, syukur Alhamdulillah menunjukkan hasil yang baik. Beberapa di antaranya meraih prestasi yang membanggakan,\" kata Dewi Handajani.

Dewi mengungkapkan, penanganan stunting merupakan kerja tim dari seluruh perangkat daerah terkait. Kemudian berbagai stakeholder di luar pemerintah, seperti organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, akademisi, dan para tenaga ahli.

Langkah yang telah dilakukan pemkab antara lain melakukan rembuk stunting secara kontinu, menerbitkan perda dan perbup terkait stunting dan percepatan ODF serta peningkatan sanitasi layak melalui penguatan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

Kemudian peningkatan jumlah pekon ODF guna mewujudkan Kabupaten Tanggamus zero (bebas) dari perilaku buang air besar sembarangan (BABS) dan pemenuhan gizi yang berkualitas pada anak, dengan melibatkan TP PKK serta seluruh lembaga PAUD, TK, kelompok bermain dan lainnya.

\"Untuk lokus stunting di Kabupaten Tanggamus berada di 25 pekon yang tersebar pada sembilan kecamatan,\" ucap Bunda Dewi--sapaan akrab Dewi Handajani

Sementara anggota Komisi IX DPR RI Abidin Fikri berharap kegiatan tersebut dapat mensinergikan hal-hal yang berkaitan dengan program pusat yang dapat ditingkatkan di Tanggamus. Terutama terhadap masalah kesehatan masyarakat.

Sementara, kegiatan tersebut dihadiri anggota Komisi II DPR RI Endro Suswantoro Yahman, Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN Nopian Andusti, Kepala Perwakilan BKKBN Lampung Rudi Budiman, Wakil Bupati Tanggamus AM, Syafi\'i, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Direktur RSUD Batin Mangunang dr. Meri Yosepa, Ketua DPC PDIP Tanggamus Burhanuddin Noer, kepala OPD danĀ  camat. (ehl/Iqb/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: