Harusnya, Tiap Kecamatan Memiliki Posko Damkar

Harusnya, Tiap Kecamatan Memiliki Posko Damkar

radarlampung.co.id - Kondisi kendaraan yang sudah tua membuat armada pemadam kebakaran milik Pemkab Tanggamus tidak bisa difungsikan maksimal. Ini menjadi salah satu penyebab penanganan musibah kebakaran kerap terhambat.

Karena itu diharapkan pemkab dapat menyiapkan pos di setiap kecamatan untuk pemadam kebakaran. Anggota DPRD Tanggamus Baharen mengatakan, kekurangan personel dan anggaran merupakan alasan klasik yang sering disampaikan. Jika memang memerlukan, DPRD siap membantu dengan syarat diajukan oleh Damkar untuk memaksimalkan pelayanan.

Tetapi itu juga tidak bisa direalisasikan sekaligus. Setidaknya dari beberapa yang diusulkan, ada yang terealisasi. \"Memang saya lihat, Damkar kita kurang sigap. Karena masih terfokus di daerah Talangpadang dan Kotaagung saja markasnya. Karenanya kita harapkan agar bisa dibentuk setiap kecamatan seperti UPTD,\" kata Baharen.

Ia juga berharap ada skema kerja yang pasti terhadap penanganan kebakaran secara cepat. Sehingga Damkar tanggap sebelum api melalap habis bangunan. Jarak tempuh juga harus dipertimbangkan. Karena itu perlu menjadi perhatian agar setiap kecamatan memiliki posko Damkar dengan personel dan peralatan yang dibutuhkan.

\"Saya sangat setuju jika setiap kecamatan ada damkar sendiri. Setidaknya diutamakan kecamatan yang jauh dan sulit dijangkau. Dengan begitu, saat terjadi kebakaran, bisa langsung ditangani. Bukan seperti sekarang. Contohnya di Semaka baru-baru ini. Jarak yang jauh menyebabkan Damkar terlambat,\" tegasnya. (zep/ehl/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: