Hati-hati! Ombak Bisa Mencapai Empat Meter

Hati-hati! Ombak Bisa Mencapai Empat Meter

radarlampung.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung mengimbau masyarakat agar berhati-hati terhadap angin kencang yang terjadi pada beberapa wilayah. Khususnya di kawasan perairan.

Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto mengatakan, pihaknya mendeteksi perbedaan tekanan udara yang signifikan hingga membuat kecepatan angin bertambah.

\"Analisa sementara, karena dari kemarin hingga saat ini terjadi perbedaan tekanan udara yang cukup signifikan antara Belahan Bumi Utara (BBU) di sekitar daratan China dan Belahan Bumi Selatan (BBS) di wilayah Australia. Hal ini berdampak angin berhembus kencang dari BBU menuju BBS dan wilayah Lampung salah satu yang dilewati,\" kata Rudy, Senin (24/2).

Menurut dia, jika dilihat dari alat citra radar yang dimiliki BMKG, kondisi tersebut menyebar ke beberapa wilayah di Lampung. ”Pantauan radar cuaca kami, angin kencang melintasi wilayah Lampung Utara, Lampung Tengah, Pesawaran, Lampung Selatan hingga Bandarlampung dengan kecepatan paling besar mencapai lebih dari 24 m/s atau 46 knot,\" uraianya.

Pihaknya memprediksi cuaca tersebut setidaknya akan bertahan hingga tiga hari ke depan. Karena itu, warga, khususnya nelayan diimbau berhati-hati melaut. Sebab perubahan tersebut juga berpengaruh terhadap tinggi gelombang yang mencapai 2-4 meter.

\"Tiga hari. Karena itu, nelayan harus hati-hati jika memang mau melaut,” tegasnya. (mel/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: