Iklan Bos Aca Header Detail

Relokasi PKL Pasar Cendrawasih Metro Sesuai Jadwal

Relokasi PKL Pasar Cendrawasih Metro Sesuai Jadwal

RADARLAMPUNG.CO.ID - Relokasi Pedagang Kaki Lima (PKL) Pasar Cendrawasih dari area parkir ke lantai dua akan berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

\"Rencana pemindahan tidak akan mundur dari jadwal yakni 19 Juni,\" kata Wali Kota Metro Achmad Pairin usai meninjau lantai II Pasar Cendrawasih, Jumat (14/6).

Namun sebelum itu, sambungnya,  akan dilakukan rapat bersama pihak terkait untuk pemindahan PKL ke lantai II Pasar Cendrawasih. “Kita dengar masukan dari pihak terkait. Termasuk juga untuk menentukan langkah selanjutnya,\" ujar Pairin.

Menurutnya, relokasi ini harus segera dilakukan demi tertatanya pasar Cendrawasih menjadi lebih baik. \"Ini demi keindahan kota. Letaknya kan di tengah kota, saat ini kondisinya kumuh. Selain itu tidak ada lahan parkir. Bikin macet Jalan Imam Bonjol,\" tutur Pairin.

Penataan itu, lanjut Pairin, untuk mempermudah akses masuk pasar. Pasalnya saat kios PKL tersebut terbakar beberapa waktu lalu, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) kesulitan untuk masuk ke lokasi karena tidak ada akses jalan. Bahkan, Pasar Cenderawasih juga direncanakan akan ditambahkan fasilitas tempat ibadah dan WC umum.

“Bencana yang paling mungkin terjadi di Metro ini kan kebakaran, makanya pembangunannya harus memikirkan akses jika nantinya terjadi kebakaran. Jadi pasar itu benar-benar memenuhi kriteria sebagai pasar, ada lahan parkir juga, WC umum, dan Mushala,\" imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Pedagang Kaki Lima (HPKLM) Pasar Cendrawasih Azwan Syairullah menilai, pembangunan lantai II Pasar Cendrawasih tidak layak, karena konsep kios tidak sesuai dengan pedagang.

\"Karena pedagang di bawah kan jualannya baju dan lainnya. Sedangkan itu kios terbuka. Makanya tidak layak,\" katanya.

Menurutnya, Pemkot Metro selama ini tidak pernah melibatkan para pedagang terkait rencana penataan pasar tersebut. \"Saya sendiri tidak pernah diundang ketika rapat, begitu pun dengan sekretaris dan anggota saya. Harapan kami kan dilibatkan setiap rapat,\" pungkasnya. (apr/kyd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: