Rentenir Berkedok Koperasi Marak di Lambar, Awas Terjebak!

Rentenir Berkedok Koperasi Marak di Lambar, Awas Terjebak!

RADARLAMPUNG.CO.ID - Muncul praktik peminjaman uang berkedok koperasi dengan bunga tinggi di Lampung Barat. Para rentenir ini menyasar warga terdampak pandemi virus Corona yang membutuhkan modal.

Kepala Dinas Koperasi, UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Lambar Yudha Setiawan membenarkan, rentenir berkedok koperasi banyak bermunculan.

Kebanyakan, mereka meminjamkan uang kepada para pedagang kecil. Kemudian pengembalian disertai bunga berlipat.

\"Tidak bisa dipungkiri, memang banyak seperti itu (rentenir berkedok koperasi, Red). Kami tegaskan, itu bukan koperasi yang sah. Apalagi koperasi yang kami naungi. Sebab untuk koperasi, harus berbadan hukum. Nah, itu kan tidak ada,\" kata Yudha.

Yudha menegaskan, praktik semacam itu sudah keluar dari tujuan koperasi. Yakni mensejahterakan anggota dengan pinjaman bungan menurun.

Dalam aturannya, koperasi maksimal menetapkan bunga sebesar dua persen. Namun yang terjadi di lapangan, rentenir berkedok koperasi tersebut bisa meminjamkan uang dengan bunga yang berlipat.

Terkait hal ini, Yudha mengungkapkan, ke depan ditargetkan satu pekon memiliki koperasi. Tujuannya untuk memutus rantai rentenir.

\"Apakah nantinya melalui BUMDes atau kelompok-kelompok, itu kita serahkan kepada pekon. Namun yang pasti, keberadaan koperasi di pekon, akan sangat membantu masyarakat,\" tandasnya. (nop/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: