HK Imbau Tapping di GT Pakai Tongkat E-Toll

HK Imbau Tapping di GT Pakai Tongkat E-Toll

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) terus dilakukan di Lampung. Termasuk di jalan tol.

Upaya pencegahan disebut Kepala Cabang Hutama Karya (HK) Ruas Terbanggibesar-Pematangpanggang-Kayuagung Yoni Satyo. Bahkan di tengah susahnya mencari hand sanitizer, desinfektan, dan masker ini, pihaknya membuat sendiri dengan bahan yang ada di pasaran.

Yoni menyebut upaya ini sebagai langkah pencegahan tak hanya dilakukan dilingkungan kantornya, namun juga masyarakat penggunaan layanan tol.

\"Memang jalan tol kan bergerak di bisnis layanan, apapun harus buka, harus melayani. Maka kami konsultasi dengan petugas medis dan imbau dan sesuai arahan pusat tindakan pencegahan dan tindaklanjuti mengenai virus Corona. Kami mengupayakan karyawan dan petugas tetap bersih mulai cuci tangan dan jaga lingkungan,\" beber Yoni Selasa (17/3) melalui WhatsAppnya.

Yoni menambahkan, saat ini dirinya menyarankan pada pengguna jalan tol untuk menggunakan tongkat bantuan untuk tapping e-toll sebagai upaya pencegahan. \"Iya bisa pakai tongkat e-toll untuk mempermudah dan pencegahan agar tidak perlu melalui petugas,\" tambah Yoni.

Namun HK siap menyiapkan hand sanitizer di semua kantor dan gerbang tol untuk pencegahan pada masyarakat.

Sementara melalui rilis yang diterima radarlampung.co.id, Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo mengatakan bahwa selain akses keluar-masuk Gedung diperketat dengan pengukuran suhu tubuh bagi seluruh pegawai maupun tamu tanpa terkecuali sebanyak minimal 2 kali sehari.

Perusahaan telah meminta seluruh Kepala Cabang setiap ruas jalan tol untuk memastikan area kerja kondusif dan sosialisasi pencegahan Covid-19 dapat dilakukan dengan masif di Kantor Cabang Tol maupun di Gerbang Tol.

Seperti halnya di ruas tol JORR-S dan ATP, seluruh petugas tol wajib melakukan pemeriksaan tensi dan suhu badan setiap pergantian shift. Selain itu penyemprotan disinfektan juga dilakukan secara rutin baik di kantor cabang hingga gerbang tol.

Seluruh gerbang tol juga telah dilengkapi dengan hand sanitizer yang memudahkan petugas untuk rutin menjaga kebersihan tangan setelah melayani pengguna tol.

Di Sumatera, penanganan serupa juga telah diimplementasikan di seluruh ruas JTTS yang dioperasikan oleh Hutama Karya mulai dari tol Medan-Binjai, tol Palembang – Indralaya, tol Terbanggi Besar-Pematangpanggang-KayuAgung (Terpeka), dan tol Bakauheni-Terbanggi
Besar (Bakter).

Seluruh petugas di tol Bakter telah diberikan sosialisasi mengenai penyebaran Covid-19 oleh petugas medis dari Rumah Sakit Natar Medika yang diikuti dengan pengecekan suhu dan pemeriksaan tensi.

Begitupula di ruas tol Terpeka, setiap petugas jalan tol serta tamu yang mengunjungi kantor cabang wajib mencuci tangan dengan hand sanitizer yang disediakan serta dilakukan pengecekan dengan thermometer infrared serta mencatat seluruh daftar tamu yang keluar masuk. (rma/sur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: