Rubah Data atau Buat Kartu BPJS, Cukup lewat Pandawa

Rubah Data atau Buat Kartu BPJS, Cukup lewat Pandawa

RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bandarlampung memiliki program pelayanan administrasi melalui WhatsApp (Pandawa). Upaya ini untuk memudahkan masyarakat yang memerlukan pelayanan.

Menurut Kepala BPJS Cabang Bandarlampung Agus Wibowo, program tersebut dihadirkan untuk memudahkan peserta JKN-KIS terkait pengubahan, penambahan data dan lainnya saat mendaftar tanpa harus  melakukan tatap muka.

\"Program ini memudahkan peserta JKN-KIS untuk melakukan perubahan identitas, pelayanan data, ganti golongan dan pergantian data. Tidak harus datang ke kantor BPJS. Cukup melalui WA,\" kata Agus, Rabu (21/10).

Peserta bisa langsung mengirim data ke nomor WA 081278661061. Nantinya terdapat beberapa poin yang bisa dilakukan sesuai petunjuk dan kebutuhan.

\"Nanti, pilih layanan yang dikehendaki sesuai format dan akan diterima oleh tim untuk mengelola data dengan respon yang cepat. Waktu respon tergantung pengisi syarat. Jika cepat, maka langsung ditindaklanjuti sampai jam kerja berakhir pukul 15.00 WIB,\" terangnya.

Dilanjutkan, setelah berhasil merubah atau menambahkan data keluarga yang didaftarkan kepada BPJS, peserta tidak perlu ke kantor untuk mencetak kartu tersebut.

\"Semuanya sudah valid, petugas akan melakukan cetak kartu seperti penambahan nama dan dikirim melalui jasa layanan antar pos. Jika akan digunakan, cukup menginstal mobile JKN dan menunjukan aplikasi pada ponsel kepada petugas administrasi,\" urainya.

Lebih jauh Agus mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir kembali disuruh memfoto kopi kartu BPJS kesehatan. Sebab seluruhnya sudah dilakukan dengan sistem digital.

\"Tidak ada peserta disuruh foto kopi BPJS Kesehatan lagi. Karena sudah digitalisasi. Mau itu di klinik, puskesmas  hingga rumah sakit tipe A, B, C. Kalau ada, silahkan lapor. Akan kami tegur,\" tegasnya. (mel/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: