IGA 2020, Lambar Target Masuk Top Ten

IGA 2020, Lambar Target Masuk Top Ten

radarlampung.co.id – Dengan modal banyaknya inovasi, Pemkab Lampung Barat bersiap mengikuti ajang bergengsi tingkat nasional, yakni Innovative Government Award (IGA) 2020 yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kabupaten ini menargetkan masuk dalam jajaran top ten atau sepuluh besar nasional.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Lambar Noviardi Kuswan mengatakan, penilaian dari Kemendagri akan dilaksanakan pada April dan Mei mendatang. Setelah pemerintah daerah meng-input data terkait inovasi apa saja yang akan didaftarkan.

”Kriterianya, memfasilitasi inovasi-inovasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah melalui OPD terkait. Inovasi itu akan dinilai setelah dokumen pendukung yang dilakukan OPD dihimpun dan dilaporkan kepada pusat Litbang Inovasi Daerah Kemendagri,” kata Noviardi.

Nantinya, terus dia, inovasi yang dilaporkan akan dinilai oleh Kementerian Dalam Negeri, melalui Litbang Inovasi Daerah. Harapannya, hasil penilaian itu mencapai poin kurang lebih 40.000, sehingga Lambar bisa masuk 10 besar.

”Untuk sementara, yang sedang kita proses ada 61 inovasi. Itu semua dikumpulkan dan kita minta bukti dukungan inovasi. Termasuk bukti pendukung seperti foto-foto, sehingga bukan sebatas tagline saja,” tegasnya.

Dilanjutkan, inovasi-inovasi yang dimiliki oleh  OPD antara lain Ambulans Hebat, Call Center 112, Jaman PM, Ada PM, Gerakan Indonesia Sasar Inovasi, seragam gratis dan lainnya. Program inovasi tersebut terus dibenahi, sehingga ke depan benar-benar berdampak terhadap kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Sebelumnya tahun lalu, Mendagri menobatkan Lambar sebagai kabupaten sangat inovatif. Berada pada peringkat 25 dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia. Lambar merupakan satu-satunya daerah di Lampung yang meraih predikat sangat inovatif. (nop/ais)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: