Imbau Perusahaan Aktif Salurkan CSR

Imbau Perusahaan Aktif Salurkan CSR

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sekretaris DPC PKB yang juga Ketua Komisi IV DPRD Tanggamus Zulki Qurniawan meminta seluruh perusahaan yang berinvestasi di Bumi Begawi Jejama untuk lebih proaktif dalam penyaluran corporate social responsibility (CSR) kepada masyarakat dan pemerintah setempat.

\"Sesuai amanat undang-undang, selain melestarikan lingkungan, perusahaan juga wajib membangun ekonomi masyarakat setempat,\" kata Zulki.

Menurut dia, ada sebagian perusahaan  yang beroperasi di Tanggamus belum sepenuhnya menyerahkan bantuan CSR. Perusahaan harus punya kesadaran yang tinggi dan peka terhadap kondisi daerah.

\"Apa yang diberikan untuk masyarakat kita. Jangan hanya mencari dan meninggalkan sisa-sisa dampak negatif dari kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan,\" tegasnya.

Zulki menyatakan, jika perusahan tersebut tidak melakukan kewajibannya untuk melaksanakan CSR, maka dapat dikenakan sanksi adminisitatif. Mulai dari peringatan tertulis hingga pencabutan izin.

\"Nah, hal yang begini patut diawasi. Jangan hanya menggali kekayaan kita saja. Sementara kewajiban terhadap lingkungan mereka abaikan,\" tandasnya.

Selain itu, ia juga meminta kepada Pemkab Tanggamus, jika ada bantuan yang digeser ke infrastruktur, baik jalan maupun bangunan harus berkoordinasi dengan pemerintah daerah agar tidak terjadi tumpang tindih.

\"Jangan sampai ada program pemerintah dan CSR tumpang tindih.  Hendaknya perusahaan yang mempunyai CSR ini proaktif berkomunikasi terkait apa yang dibutuhkan warga,\" jelasnya. (ehl/rnn/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: