Ini Makanan yang Harus Dihindari untuk Terapkan Pola Hidup Sehat Menurut dr. Zaidul Akbar

Ini Makanan yang Harus Dihindari untuk Terapkan Pola Hidup Sehat Menurut dr. Zaidul Akbar

RADARLAMPUNG.CO.ID - Selain mengkonsumsi makan-makanan yang sehat, terkadang tubuh kita juga perlu menghindari makanan tidak baik dikonsumsi. Nah kali ini lewat kanal YouTube nya, dr. Zaidul Akbar menjelaskan ada beberapa jenis-jenis makanan yang harus dihindari. Karena makan-makanan yang tak baik itu lama-lama akan membuat tubuh kita tidak sehat. Saat ini memang orang-orang tak peduli dengan kesehatannya sendiri. Sehingga terserang penyakit, yang disebabkan oleh pola makan-makanan tidak sehat. Untuk itulah dr. Zaidul Akbar pun menyarankan beberapa makanan yang dihindari, sehingga tubuh kita tetap sehat. Makan-makanan tidak sehat itu juga mengandung beberapa gizi tak seimbang. Karena sedikit mengandung zat dan serat untuk perkembangan tubuh kita. Juga makanan tidak sehat itu pun bisa menyebabkan timbulnya beberapa penyakit. Pun menghambat perkembangan kecerdasan otak. Nah, untuk itu radarlampung.co.id pun mengutip dari kanal YouTube dr. Zaidul Akbar menjelaskan ada anjuran-anjuran untuk menghindari makanan yang tak sehat.

1. Hindari dan Kurangi Produk Menggunakan Gula Pasir

Dijelaskan oleh dr. Zaidul Akbar, semua produk yang mengandung gula pasir itu sebenarnya tidak baik untuk tubuh kita. Dikatannya bahwa, apabila kita terlalu banyak mengkonsumsi makan-makanan yang mengandung gula, akibatnya nanti menyebabkan gangguan metabolisme bagi tubuh kita. Juga dampak lainnya yakni akan menyebabkan gangguan kesehatan. Seperti diabetes, obesitas. Pun paling terparah resiko terkena penyakit jantung.

2. Hindari Bahan Makanan Mengandung Dasar Tepung Terigu

Memang benar bahan-bahan tepung terigu terbuat dari bahan alami yang baik bagi tubuh. Seperti jagung, beras, gandum, singkong juga banyak yang lainnya. Tetapi, di dalam pengolahannya menghilangkan berbagai gizi-gizinya di dalam bahan bakunya. Nah, apalagi yang hendak melakukan program diet nih. Tentunya harus mengurangi konsumsi tepung terigu. Karena dalam penelitiannya, tepung terigu mengandung karbohidrat yang sederhana. Tentunya hal ini pun lebih cepat lapar.

3. Jangan Sering-sering Makanan yang Digoreng dengan Minyak Sawit

Ya, memang benar dasarnya makan makanan yang digoreng itu sangat nikmat. Tetapi ada dampak negatifnya juga, karena makan makanan yang digoreng itu pun berbahaya bagi tubuh kita. Seperti gangguan serangan jantung juga penyakit kolestrol.

4. Jangan Terlalu Banyak Konsumsi Nasi Putih

Nasi putih ini memang makanan pokok bagi orang Indonesia. Ada istilahnya enggak makan nasi enggak kenyang. Untuk diketahui bahwa nasi putih memang banyak mengandung nutrisi, selain karbohidrat tinggi. Juga nasi putih pun mengandung kalori, lemak, serat protein, vitamin dan beberapa lainnya. Nah saran dari dr. Zaidul Akbar, ada beberapa makanan yang bisa mengganti nasi. Yang mengandung karbohidrat sehat bagi tubuh kita. Yakni beras coklat, beras hitam, beras merah, kentang, ubi juga singkong.

5. Hindari Makanan Kemasan

Tak menutup kemungkinan apabika makanan kemasan ini juga banyak dikonsumsi orang-orang. Bahkan makanan kemasan pun tidak bisa dihindari dalam kehidupan. Karena bentuknya yang praktis pun cepat saji ketika sedang lapar. Tetapi dibalik kepraktisan itulah ada kandungan bahaya yang mengancam kesehatan tubuh kita. Bahkan juga sangat buruk bagi kesehatan kita. Selain itu makanan kemasan ini pun tak memilik nilai-nilai nutrisi. Karena bahan kimi yang ada didalam makanan kemasan itu pun mengandung senyawa berbahaya bagi tubuh kita.

6. Makanan Mengandung Logam Berat

Makanan yang mengandung logam berat itu seperti produk-produk menggunakan pupuk kimia, pestisida, herbisida. Yang apabila dikonsumsi berlebihan akan membahayakan tubuh kita.

7. Makanan Seafood yang Mengandung Logam Berat

Juga tidak menutup kemungkinan seafood ini sudah memiliki kandungan nutrisi baik untuk tubuh kita. Tetapi disamping itu juga kita harus hati-hati, karena ada juga seafood yang sangat membahayakan mengandung logam berat. Seperti merkuri, timbal dan kadmium yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Nah pembaca, itulah tadi makan makanan yang berbahaya untuk tubuh kita menurut dr. Zaidul Akbar. Untuk itu marilah kita mengaplisikan hidup sehat. (ang)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: