Inovasi Rutan Kotaagung, Sampaikan Informasi Kepada WBP lewat Audio

Inovasi Rutan Kotaagung, Sampaikan Informasi Kepada WBP lewat Audio

RADARLAMPUNG.CO.ID - Upaya mengoptimalkan penyampaian informasi kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP) dilakukan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kotaagung melalui audio.

Yakni menyiarkan rekaman audio berdurasi 2,45 menit berisi anjuran terkait tata tertib, menjaga lingkungan kebersihan dan kerapihan dalam kamar hunian. Kemudian hak dan kewajiban WBP serta larangan yang mesti dipatuhi oleh seluruh penghuni rutan.

Kepala Pengamanan Rutan Boy Naldo mengatakan, ide tersebut berasal dari CPNS bernama Muhammad Faisal Andriansyah yang  bertugas di rutan tersebut.

\"Inovasi yang saya angkat ini diajukan oleh seorang CPNS 2019 dalam rangka prasyarat kelulusan aktualisasi latihan dasar CPNS. Menurut saya, ini cukup efektif. Selaku mentor, saya sangat mendukung Ide tersebut. Sebab saat ini semua berbasis digital dan kita mesti menyelaraskan dengan kemajuan zaman. Termasuk penyampaian informasi serta aturan-aturan yang diterapkan,\" kata Boy mewakili Kepala Rutan Kelas IIB Kotaagung Akhmad Sobirin Soleh.

Boy menjelaskan, pilihan inovasi optimalisasi penyampaian informasi kepada WBP melalui audio tersebut, juga bukan tanpa alasan.

Sebab meskipun sudah dipasang banner maupun papan pengumuman terkait tata tertib serta larangan-larangan yang tidak boleh dilakukan di setiap sudut rutan, masih banyak yang melanggar.

Masih banyak WBP yang enggan atau tidak bisa membaca. \"Hal itu sudah dilakukan pengujian dengan memanggil beberapa WBP untuk membaca tata tertib dan aturan tersebut. Namun ada WBP yang memang benar-benar tidak bisa membaca. Karena itu kami mengambil langkah menyampaikan informasi dengan audio sebanyak tiga kali dalam sehari,\" tandasnya. (ehl/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: