Sejarah, Kali Pertama Gubernur Buka Musrenbang Tanggamus

Sejarah, Kali Pertama Gubernur Buka Musrenbang Tanggamus

radarlampung.co.id – Sejarah. Untuk kali pertama sejak ditetapkan sebagai kabupaten 23 tahun lalu, musrenbang Tanggamus dihadiri dan dibuka oleh gubernur, Selasa (10/3). Kegiatan untuk menyusun RKPD 2021 ini berlangsung di aula Islamic Center Kotaagung.

Selain Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, kegiatan tersebut dihadiri Bupati Tanggamus Dewi Handajani, Wakil Bupati AM Syafi’i, anggota DPD RI Bustami Zainudin dan Forkopimda. Turut hadir sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) provinsi.   

Dalam sambutannya Arinal Djunaidi mengatakan, kehadirannya dalam Musrenbang Tanggamus untuk mendengarkan aspirasi langsung dari masyarakat. ”Kata panitia acara, sepanjang Tanggamus berdiri, baru kali ini dibuka langsung gubernur. Saya datang ke sini untuk mendengarkan langsung keluhan dari masyarakat. Terlebih ibu bupati sangat aktif kalau ada kegiatan di pemprov. Karena itu, begitu diundang, saya juga harus hadir,\" kata Arinal.

Menurut Arinal, Tanggamus menjadi salah satu kabupaten/kota di Lampung yang mendapat kucuran APBD provinsi tertinggi. \"Tanggamus mendapat kucuran dana dari provinsi sebesar Rp33 miliar. Waykanan, daerah saya saja kalah. Ini karena Tanggamus merupakan salah satu kabupaten yang masuk dalam RPJMN, sebagai salah satu kawasan industri di luar Pulau Jawa. Karena itu Pemprov Lampung harus men-support,\" tegasnya.

Terkait kawasan Industri Tanggamus (KIT) Arinal berjanji akan mengupayakan agar Presiden dan Ketua DPR RI dapat meninjau serta dan melihat secara langsung lokasi KIM. ”Rencananya Juni mendatang. Kita akan undang presiden untuk meresmikan penangkaran Badak, sekaligus meninjau area KIM di Tanggamus,\" urainya.

Untuk infrastruktur, Arinal menyatakan akan membangun jalan provinsis yang rusak. ”Saya akan bangun jalan provinsi berdasar permohonan bupati dan pertimbangan Bina Marga serta Bappeda agar sinergi dan ada koneksitas dalam pembangunan,\" pungkasnya.

Sementara Bupati Tanggamus Dewi Handajani dalam sambutannya mengatakan, forum Musrenbang mempunyai nilai strategis. Sebab melibatkan seluruh unsur pemangku kepentingan untuk membahas rencana awal RKPD 2021 yang dapat mempertajam capaian sasaran program prioritas pembangunan daerah yang selaras dengan sasaran Provinsi Lampung dan nasional.

\"Terkait pelaksanaan pembangunan pada 2021, Tanggamus telah menginventarisir beberapa isu strategis. Di antaranya Kawasan Industri Tanggamus (KIT), menjadi salah satu kawasan industri yang dikembangkan berdasar Perpres Nomor 18 tahun 2020,” kata Dewi.

Oleh karena itu, pemkab akan terus berupaya meningkatkan koordinasi dan menjalin kerjasama intensif dengan pusat, Pemprov Lampung dan dunia usaha sehingga proyek strategis nasional KIT segera terwujud.

Pada bagian lain, Kepala Bappelitbang Tanggamus Hendra Wijaya Mega dalam laporannya mengungkapkan, Musrenbang bertujuan mensinkronkan prioritas kegiatan pembangunan yang berasal dari Musrenbang pekon, kecamatan dan konsultasi publik. Lalu merumuskan dan menetapkan kebijakan umum anggaran (KUA) 2021 yang bersinergi dengan KUA serta prioritas pembangunan Provinsi Lampung dan nasional.

\"Adapun sasaran yang ingin dicapai dari pelaksanaan Musrenbang adalah tercapainya perencanaan pembangunan yang optimal dengan memadukan aspirasi masyarakat,\" kata Hendra. (ehl/ral/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: