Iklan Bos Aca Header Detail

Itera Beri Subsidi Kuota Internet ke Seluruh Mahasiswa

Itera Beri Subsidi Kuota Internet ke Seluruh Mahasiswa

RADARLAMPUNG.CO.ID - Institut Teknologi Sumatera (Itera) memberikan subsidi biaya kuota internet bagi seluruh mahasiswa. Hal ini guna meringankan beban pengeluaran mahasiswa selama menjalankan perkuliahan dalam jaringan (Daring).

Rektor Itera Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, menjelaskan, kebijakan tersebut dimaksudkan guna meringankan beban pengeluaran mahasiswa Itera selama mengikuti perkuliahan daring. Selain itu, juga untuk mendukung kelancaran perkuliahan daring yang telah diterapkan oleh seluruh program studi di Itera, sejak 18 Maret 2020 hingga 29 Mei mendatang, atau selama masa tanggap darurat Covid-19.

“Setelah mendengar masukan mahasiswa, kami paham mahasiswa Itera terdiri dari beragam golongan, dan ada sebagian yang merasa kesulitan untuk pengeluaran biaya kuota. Untuk itu Itera mencoba melihat ini, dengan rapat pimpinan secara daring, dan telah diputuskan Itera memberikan subsidi kuota, selama dua bulan, dengan masing-masing mahasiswa Rp75 ribu,” ujar Rektor, Rabu (1/4).

Pemberian kuota sebesar Rp75 ribu per bulan selama dua bulan, lanjutnya, ditetapkan sesuai kajian yang telah dilakukan pihak kampus. Dengan subsidi tersebut mahasiswa bisa membeli 20-25 Gb kuota per bulannya.

“Ini akan berlaku mulai 1 April, dan kami sampaikan kepada mahasiswa agar bijak dalam menggunakan subsidi kuota ini, sehingga kuliah daring dapat benar-benar memberikan manfaat bagi kita semua di tengah situasi pandemik Covid-19,” ucapnya.

Dijelaskannya, teknis pemberian subsidi sebesar Rp150 ribu per mahasiswa untuk subsidi kuota internet selama dua bulan akan diberikan melalui pemotongan pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021. Sementara khusus bagi mahasiswa penerima beasiswa, bantuan subsidi akan ditransfer ke rekening masing-masing.

Sedangkan, total mahasiswa aktif Itera berjumlah sekitar 9.000 mahasiswa yang tersebar di 33 program studi.

“Sekali lagi, kami tidak mengirimkan uang, tetapi kami akan ganti potongan sebesar Rp150 ribu pada saat mahasiswa membayar UKT pada semester depan. Untuk mahasiswa yang mendapat beasiswa dana Rp150 ribu akan ditransfer,” ungkapnya.

Rektor berharap mahasiswa tidak terbebankan lagi dalam menjalankan perkuliahan daring sebagai pengganti kuliah tatap muka selama masa tanggap darurat covid-19. Sehingga perkuliahan online ini dapat dilaksanakan sebaik-baiknya.

Untuk diketahui, subsidi diberikan sebesar Rp75 ribu per bulan selama dua bulan terhitung sejak April-Mei untuk setiap mahasiswa. Pemberian subsidi tersebut ditetetapkan oleh Rektor Itera Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, melalui Surat Edaran Rektor Nomor : T/1303/IT9.A/HK.11/2020 tentang Pemberian Subsidi Kuota Internet Bagi Mahasiswa Itera. (rur/rls/sur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: