Itera Siapkan Kuota 558 Mahasiswa untuk SMMPTN Wilayah Barat 

Itera Siapkan Kuota 558 Mahasiswa untuk SMMPTN Wilayah Barat 

RADARLAMPUNG.CO.ID - Institut Teknologi Sumatera (Itera) bakal  membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri melalui Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) wilayah Barat.

Ini diketahui dari peluncuran website SMMPTN-Barat https://pendaftaran.ssmmptnbarat.id yang diikuti  25 perguruan tinggi negeri (PTN) di wilayah Barat Indonesia secara hybride beberapa waktu lalu.

Rektor Itera Prof. Dr.-Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal mengatakan, khusus pada jalur SMMPTN Barat tahun ini, disiapkan kuota sebanyak 558 mahasiswa baru yang tersebar pada 35 program studi.

\"Kuota tersebut adalah 10% dari total mahasiswa baru yang akan diterima Itera tahun 2022 yaitu 5.551 mahasiswa,\" kata Prof. Mitra Djamal.

Pendaftaran SMMPTN wilayah Barat akan dibuka mulai 1 April 2022 hingga 27 Juni 2022, dan ditutup pada 16.00 WIB.

\"Penyelenggaraan SMMPTN-Barat 2022 ini didasarkan Surat Keputusan Ketua BKS PTN Indonesia Wilayah Barat Nomor:22-01/BKS PTN-Barat/II/2022 tanggal 7 Februari 2022 tentang Perguruan Tinggi Peserta Program SMM PTN-Barat 2022 dan Surat Keputusan Ketua BKS PTN-Barat Nomor:22 02/BKS PTNBarat/II/2022 tentang Panitia Program SMMPTN-Barat 2022,\" urainya.

Prof. Mitra Djamal melanjutkan, pada tanggal yang telah ditentukan oleh Kemendikbud Ristek itu, calon peserta harus memasukan data yang diperlukan dengan benar.

\"Pada saat pendaftaran secara online, bagi peserta yang mengikuti SBMPTN 2022, diminta memasukkan nomor tes SBMPTN 2022 pada kolom yang disediakan,\" jelasnya.

Para peserta bisa mendaftar dua studi di PTN mana saja yang ada dalam daftar SMMPTN-Barat dan memilih PTN di luar domisili.

\"Jadi misalkan ada peserta dari Aceh, bisa memilih prodi di Itera, UIN Jakarta atau  lainnya. Jadi ini lebih efisien. Tak perlu keluar Aceh, tinggal pilih kampus di luar daerahnya,\" kata dia. (mel/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: