Iklan Bos Aca Header Detail

Sepakat, Calon Jaga Pilkakon di Kotaagung Tetap Damai

Sepakat, Calon Jaga Pilkakon di Kotaagung Tetap Damai

radarlampung.co.id - Sebanyak 29 calon kepala pekon (kapekon) di Kecamatan Kotaagung, Tanggamus mengikuti deklarasi damai di gedung fasilitas utama (GFU) Kompleks Islamic Center, Jumat (13/3). Kegiatan tersebut disaksikan Camat Syarif Zulkarnain, Kapolsek Kotaagung AKP Muji Harjono dan Komandan Koramil Kotaagung Kapten Inf. Julian Abri.

Ada lima poin dalam deklarasi damai untuk pemilihan kepala pekon yang berlangsung 15 April mendatang. Pertama, siap mendukung terselenggaranya pemilihan kepala pekon di Kotaagung yang bersih, jujur dan adil.

Kemudian berkomitmen mewujudkan pilkakon di Kecamatan Kotaagung yang aman dan damai serta menerima dan mendukung siapapun yang akan terpilih dan menjadi kepala pekon.

Selanjutnya bersedia bekerjasama sinergi dengan seluruh stakeholder yang ada di pekon. Sebelum, pada saat maupun setelah penyelenggaraan pilkakon serentak 2020. Terakhir, mendukung terwujudnya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Camat Kotaagung Syarif Zulkarnain mengatakan, deklarasi damai pilkakon serentak diikuti oleh semua calon. Dirinya berharap calon komitmen dengan apa yang sudah dideklarasikan. \"Harapannya, pilkakon di Kotaagung ini berlangsung damai, aman dan sejuk,\" tegas Syarif.

Dilanjutkan, tahapan selanjutnya setelah deklarasi adalah kampanye. Untuk waktu dan zonanya telah ditentukan oleh panitia tingkat pekon.

\"Dalam kampanye ini, kami koordinasi dengan panitia di pekon. Jadi kami sifatnya memantau. Kalau ada sesuatu yang ingin ditanyakan, langsung koordinasi dengan panitia tingkat kabupaten. Jika terjadi permasalahan, diutamakan pendekatan secara kekeluargaan,\" kata Syarif.

Senada, Kapolsek Kotaagung AKP Muji Harjono meminta para calon untuk siap menang dan kalah serta mendukung siapapun nantinya yang terpilih. \"Kita ingatkan kepada calon, inilah sistem demokrasi yang dilaksanakan. Dalam poin-poinnya, harus siap menang dan kalah serta mendukung siapapun yang dinyatakan sebagai pemenang,\" kata Muji.

Terkait wilayah paling rawan untuk Kecamatan Kotaagung, Muji menyatakan pihaknya menganggap semua pekon rawan. Tujuannya agar personel kepolisian dan TNI yang memback-up keamanan tidak santai dan menganggap enteng situasi.

\"Kita anggap semua daerah rawan, agar tidak santai. Lebih baik antisipasi dulu kemungkinan terburuknya. Kami juga sudah imbau kepada para calon untuk sama-sama jaga situasi kondusif,\" ujarnya.

Sementara Danramil Kotaagung Kapten Inf. Julian Abri mengatakan, pihaknya siap mem-back up kepolisian dalam menjaga situasi keamanan. Khususnya di wilayah Kotaagung, Kotaagung Timur dan Kotaagung Barat. (ehl/ral/ais)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: