Tim PKM UTI Berikan Pelatihan Public Speaking

Tim PKM UTI Berikan Pelatihan Public Speaking

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) Skema Sekolah Binaan Universitas Teknokrat Indonesia di MAN 1 Lampung Tengah. FOTO DOKUMEN UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Tim program kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) Skema Sekolah Binaan Universitas Teknokat Indonesia yang terdiri dari dosen dan mahasiswa memberikan pelatihan public speaking di MAN 1 Lampung Tengah beberapa waktu lalu.

Tim terdiri dari Lulud Oktaviani, S.Pd., M.Pd.; Intan Hamzah, S.Pd., M.Pd. (Dosen Pendidikan Bahasa Inggris), dan Styawati, S.T., M.Cs. (Dosen Teknik Komputer).

Kemudian mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris Muhammad Al-Fathaan, Nia Ragilia dan Abrahan Julius Setiardhi.

Lulud Oktaviani, S.Pd., M.Pd., mengungkapkan, kegiatan PKM bertujuan memberikan pemahaman tentang pentingnya public speaking di era teknologi 4.0 bagi siswa-siswi MAN 1 Lampung Tengah.

"Kegiatan ini mengulas materi tentang public speaking, jenis-jenis serta contohnya. Materi ini disampaikan oleh Intan Hamzah, S.Pd., M.Pd. Beliau menjelaskan tentang pentingnya penguasaan public speaking di era modern seperti sekarang, serta contoh yang sering diterapkan di sekolah maupun di kampus," kata Lulud Oktaviani. 

Sebagai penutup pelatihan, Abrahan Julius Setiardhi, salah seorang mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memberikan pertunjukan news casting di depan siswa-siswi MAN 1 Lampung Tengah. 

Abraham merupakan mahasiswa yang berhasil mendapatkan juara 3 Lomba News Casting tingkat nasional pada Mercubuana English Event 2021. 

"Kami juga menampilkan pertunjukkan pidato Bahasa Inggris dari Vina Qurrota Akyuningrum secara online, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang menempuh studinya di University of Central Missouri, USA melalui program Global Undergraduate 2021/2022. Ini bisa menjadi motivasi bagi siswa-siswi MAN 1 Lampung Tengah untuk giat belajar dan memahami pentingnya peran Public Speaking di era sekarang," ujarnya.

Kepala MAN 1 Lampung Tengah H. Wiratno, S.Pd, M.Pd.I., mengatakan, pelatihan public speaking ini sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi siswa-siswi. Khususnya dalam menghadapi perkembangan industri 4.0. 

“Saya sangat mengapresiasi pelatihan dan motivasi yang telah diberikan Universitas Teknokrat Indonesia bagi siswa-siswi MAN 1 Lampung Tengah. Dengan pelatihan public speaking ini, siswa-siswi kami memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang pembelajaran Bahasa Inggris," ucapnya.

Sementara Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr. H. Mahathir Muhammad, S.E., M.M., mengapresiasi kegiatan PKM yang telah dilakukan dosen Universitas Teknokrat Indonesia. Selama ini sudah puluhan sekolah di Lampung menjadi tempat PKM.

"Saat ini Universitas Teknokrat Indonesia mendapat kepercayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan pendampingan program SMK Pusat Keunggulan (PK) oleh perguruan tinggi, di Provinsi Lampung. Kepercayaan ini tak lepas dari aktifnya kampus sang juara dalam melaksanakan pengabdian pada masyarakat," tukasnya. (mel/rls/ais)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: