Ternak Alami Gangguan Kesehatan, Segera Lapor!

Ternak Alami Gangguan Kesehatan, Segera Lapor!

Polres Pringsewu bersama Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Pringsewu memonitoring pasar hewan di komplek Pasar Sarinongko, Sabtu (21/5). FOTO DOKUMEN POLRES PRINGSEWU--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Peternak sapi diminta tetap waspada terhadap serangan penyakit mulut dan kuku (PMK). Jika ternak mengalami gangguan kesehatan, agar segera melapor.

“Jika menemukan penyakit seperti luka di mulut atau kuku pada hewan ternak, segera laporkan. Jangan panik,” kata Kasatbinmas Polres Pringsewu Iptu Mardiyono.

Terkait serangan penyakit tersebut, Polres Pringsewu telah melakukan monitoring perkembangan PMK di pasar hewan yang berlokasi di kompleks Pasar Sarinongko, Sabtu (21/5).

Pada monitoring tersebut, Kasatbinmas  didampingi Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Pringsewu drh. Budi Pramono; drh. Dwi Nur Halim, dokter hewan pengampu puskeswan wilayah 1 dan Femi Hendriyanto, Amd, paramedis puskeswan.

Monitoring ini dilakukan guna mencegah dan mengawasi penularan wabah penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak di wilayah Pringsewu.

Seluruh hewan ternak yang berada di pasar hewan, baik sapi maupun kambing dilakukan pemeriksaan untuk memastikan kesehatannya.

"Untuk pemeriksaan kesehatan hewan sudah disiapkan petugas dan dokter hewan. Ini untuk memastikan tidak ada hewan yang terkena penyakit, khususnya PMK," sebut Iptu Mardiyono. (sag/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: