BMKG Keluarkan Peringatan Dini Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang Siang dan Sore Hari

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang Siang dan Sore Hari

RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini waspada potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada siang dan sore hari pada Minggu (22/5). Khususnya untuk 2 kota dan 9 kabupaten di Lampung. 

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Lampung Rudi Harianto menerangkan, berdasarkan prakiraan cuaca wilayah Lampung Minggu, 22 Mei 2022, ada beberapa wilayah yang mendapatkan peringatan dini. Yakni waspada potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada siang dan sore hari di wilayah Tulangbawang, Lampung Tengah, Metro, dan Lampung Timur.

Lalu, Lampung Selatan, Bandarlampung, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Pesisir Barat, dan Lampung Barat. "Waspada potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada malam hari khususnya untuk wilayah wilayah Pesawaran, Pesisir Barat, dan Tanggamus," tambahnya.

Lebih rinci, Rudi menggambarkan kondisi saat ini suhu udara 23,0 °C–34,0 °C, untuk wilayah Barat Lampung berkisar antara 15,0 °C–32,0 °C, dengan kelembapan udara 55–98 persen.

Kemudian, angin (Dari Timur–Selatan) dengan kecepatan 03–20 knots (5-38 Km/Jam).

Prakiraan Cuaca dari Minggu (22/5) siang hingga Senin (22/5) siang-sore hari berpotensi hujan di sebagian besar wilayah Lampung.

Sementara, pada malam hari berpotensi hujan di wilayah Pesisir Barat, Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran, Lampung Barat, Lampung Tengah, Bandarlampung, dan Lampung Selatan.

"Dan pada dini hari hingga Senin (23/5) pukul 07.00 WIB berpotensi hujan di wilayah Tulangbawang, Lampung Tengah, dan Lampung Timur," ucapnya. 

Rudi juga menyampaikan bahwa prakiraan cuaca juga memasuki masa pancaroba atau lebih tepatnya memasuki awal musim kemarau.

Oleh sebab itu, Rudi menghimbau masyarakat pada masa pancaroba atau awal musim kemarau seperti saat ini, agar lebih banyak mengkonsumsi banyak cairan untuk mencegah dehidrasi, karena pada musim kemarau kelembaban udara sangat rendah. 

Tidak hanya itu, Rudi juga menginformasikan kepada masyarakat tentang peringatan dini gelombang tinggi dan prakiraan cuaca kelautan wilayah Lampung, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung berlaku mulai Minggu, 22 Mei 2022 pukul 19.00 WIB hingga Senin, 23 Mei 2022 pukul 19.00 WIB mendatang.

Ia juga menghimbau masyarakat untuk menjaga asupan makanan sehat untuk menjaga stamina dan sistem imunitas tubuh agar tidak mudah sakit.

"Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, diharapkan masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan," pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: