Antisipasi PMK, Polisi Cek Hewan Ternak

Antisipasi PMK, Polisi Cek Hewan Ternak

Petugas ketika mengecek hewan ternak di Waykanan. Foto Istimewa--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Polsek Pakuan Ratu Polres Waykanan, melakukan kegiatan sambang dan dialogis di Kampung Serupa Indah Kecamatan Pakuan Ratu Kabupaten Waykanan. Minggu (22/05). 

 

Kegiatan sambang dilakukan oleh Kanit Binmas Aipda Antonius Hariyanto dengan mengajak warganya untuk bersama-sama turut membantu Polri dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif. 

 

Kapolres Way Kanan AKBP Teddy  Rachesna melalui Kapolsek Pakuan Ratu Iptu Tosira menuturkan kegiatan sambang dengan warga ini selain menjalin silaturrahmi sampaikan himbauan kamtibmas juga dalam rangka pengecekan hewan ternak sapi untuk pencegahan PMK (penyakit mulut dan kuku). 

 

Salah satu warga yang menjadi tempat tujuan petugas  adalah rumah yusuf. Meski dinyatakan belum seekorpun terpapar PMK, petugas memberikan edukasi kepada pemilik hewan ternak tentang ciri-ciri penyakit mulut dan kaki. 

 

"Penyakit mulut dan kuku tidak menular pada manusia maupun unggas melainkan PMK hanya menular kepada hewan berkaki belah seperti kambing, babi, sapi, dan kuda,” katanya.

 

Pihaknya juga berharap kepada masyarakat yang memiliki hewan ternak agar  rutin selalu dicek kesehatannya  dan selalu berkoordinasi dengan petugas PPL hewan  untuk mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku. (sah/ang)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: