UTI Gelar PKM di SMKS Nurul Huda Pringsewu

UTI Gelar PKM di SMKS Nurul Huda Pringsewu

Pengabdian kepada masyarakat (PKM) sekolah binaan di SMA di SMKS Nurul Huda Pringsewu belum lama ini. FOTO DOKUMEN UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA --

RADARLAMPUNG.CO.IDUniversitas Teknokrat Indonesia, PTS terbaik ASEAN melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) sekolah binaan di sekolah menengah atas. Salah satunya di SMKS Nurul Huda Pringsewu belum lama ini.

Kegiatan yang diadakan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) berkolaborasi dengan Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (FSIP) ini diikuti tim terdiri Debby Alita, S.Kom., M.Cs.; Ade Dwi Putra, M.Kom.; Yuri Rahmanto, M.Kom.; Dyah Aminatun, M.Pd.; Suaidah, M.Kom. dan Permata, S.SI., M.Kom. Kemudian mahasiswa aktif, Rico Dwi Setiawan, Barra dan Silvia Ranti.

Kegiatan PKM sekolah binaan ini yang dihadiri guru dan siswa SMKS Nurul Huda Pringsewu ni bertema Penerapan Aplikasi Perpustakaan dan Pembelajaran Design Grafis pada SMKS Nurul Huda Pringsewu.

Tim dosen PKM UTI Yuri Rahmanto, M.Kom mengatakan, perpustakaan mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap peningkatan dan pengembangan minat dan kegemaran membaca dengan cara manajemen yang baik. 

"Selain pada minat baca perpustakaan juga diharapkan dapat memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada pemustaka melalui layanan sirkulasi dan referensi sehingga dapat mengarahkan pustakawan dalam menemukan informasi yang dibutuhkan dengan tepat, akurat dan cepat. Layanan ini akan sulit dicapai jika administrasi perpustakaan masih dilaksanakan secara manual/tradisional," kata Yuri Rahmanto.

Pelatihan design grafis difokuskan untuk siswa jurusan animasi karena berhubungan erat dengan ilmu multimedia dengan pemateri yang disampaikan oleh Ade Dwi Putra.

"Semua kegiatan yang dilakukan oleh tim pengusul dalam program pengabdian kepada masyarakat ini tidak terlepas dari peran dan partisipasi mitra. Dalam hal ini mitra berperan aktif pada kegiatan setiap pelaksanaanya. Dari mulai pembuatan perencanaan pembuatan aplikasi, penggunaan aplikasi, dan menguji aplikasi perpustakaan sekolah. Apakah sudah sesuai atau belum dengan yang diharapkan sampai dengan tahap akhir yaitu evaluasi ketercapaian hasil dari kegiatan yang dilakukan," paparnya.

Wakil Rektor Dr. H. Mahathir Muhammad, S.E., M.M. menyampaikan sangat mendukung kegiatan PKM bina sekolah.

"Semoga materi yang telah diberikan sangat bermanfaat untuk siswa sekolah menengah atas untuk menghadapi era global ini. Khususnya siswa yang ada di Lampung," tandasnya. (mel/rls/ais)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: