Tim Disdikbud Perketat Verifikasi PPDB

Tim Disdikbud Perketat Verifikasi PPDB

Radar Lampung Online - Disway National Network-radarlampung.co.id-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung memastikan tim verifikasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ini lebih ketat dibanding sebelumnya. Langkah tersebut diambil untuk mengantisipasi kecurangan dalam proses pendaftaran, terutama dari jalur prestasi. 

Menurut Sekretaris Disdikbud Lampung Tommy Efra Hendarta mengatakan, jalur prestasi ini merupakan prestasi yang diakui oleh dinas pendidikan. 

"Ada akademik dan non akademik. Untuk akademik, masuk 10 besar di sekolah. Kemudian non akademik, misalnya lomba musik. Bisa dilihat tingkatan juaranya. Kabupaten, provinsi atau nasional. Untuk hafidz, nanti ada sertifikat lima juz seterusnya. Di cek oleh tim verifikasi," kata Tommy mewakili Kepala Disdikbud Lampung Sulpakar. 

Tommy mengungkapkan, keaslian atau autentifikasi dokumen akan diverifikasi langsung oleh tim. Karena itu, ada masa waktu verifikasi beberapa hari sebelum pengumuman. 

"Kita makin hari makin ketat. Jadi sulit untuk dipalsukan," tegasnya. 

Selain itu, ada jalur zonasi sebesar 50 persen dari kuota penerimaan siswa baru. "Sama seperti tahun lalu. Kita tidak ada berapa jarak tempuh buat penerimaan. Kalau misalnya yang diterima tahun ini 1.000 orang, maka 50 persenya zonasi. Jadi satu meter, dua meter dari sekolah, ya diterima. Sampai kuota itu terpenuhi. Tidak ada jarak yang ditentukan," urainya. 

Diketahui, pada PPDB tahun ini disediakan kuota 77.082 siswa untuk SMA dan SMK negeri. Rinciannya, 48.960 kursi untuk calon siswa dari 238 SMA dan 28.122 kursi SMK. (mel/ais)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: