Lima KK Ikut Program Transmigrasi ke Sulawesi Selatan

Lima KK Ikut Program Transmigrasi ke Sulawesi Selatan

MU’AYIN ZEN--

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.IDSebanyak lima kepala keluarga (KK) dari Tanggamus mengikuti program transmigrasi dengan tujuan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Sebagian besar berasal dari Kecamatan Wonosobo.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Tanggamus Mu'ayin Zen mengatakan, sebelum diberangkatkan ke Sulsel, keluarga calon transmigran mengikuti diklat selama satu minggu, mulai 7 Juni 2022.

"Mereka diklat di Ciracas, Jakarta Timur. Setelah itu, baru berangkat. Dijadwalkan akhir Juli 2022," kata Mu'ayin mewakili Kepala Disnaker Tanggamus Aswien Dasmi, Kamis (26/5).

Dilanjutkan Mu'ayin, di Sulawesi Selatan nanti, lima KK transmigran tersebut mendapat sejumlah fasilitas seperti biaya hidup selama satu tahun, kebutuhan pokok dan uang.

”Para transmigran juga dibuatkan tempat tinggal berupa rumah atas nama transmigran," ucapnya.

Tujuan program transmigrasi fokus pada kesejahteraan. Setiap KK yang berangkat adalah mereka yang sudah lolos seleksi dan memiliki skill atau keterampilan.

"Selain sejumlah fasilitas, transmigran juga diberi lahan seluas dua haktare per KK. Lahan itu nanti ditanami tanaman pertanian secara umum dan semua sarana pertanian. Dari hulu sampai hilir ditanggung pemerintah pusat," pungkas Mu'ayin. (ehl/rnn/ais)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: