Ribuan Peserta UTBK SBMPTN Mengundurkan Diri

Ribuan Peserta UTBK SBMPTN Mengundurkan Diri

Radar Lampung Online - Disway National Network-radarlampung.co.id-

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Tercatat dua ribu lebih peserta SBMPTN Universitas Lampung mengundurkan diri karena tidak mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

UTBK-SBMPTN 2022 sendiri telah memasuki hari ketiga gelombang ke dua, Senin (30/5). Panitia mencatat data ada dua ribu lebih peserta yang gagal pada gelombang pertama.

"Untuk gelombang pertama, sejak tanggal 17-23 Mei lalu, tercatat ada 2.330 yang absen atau tidak mengikuti ujian," kata humas panitia lokal SMBPTN Unila Muhammad Komarudin.

Muhammad Komarudin menuturkan, dengan tidak mengikuti ujian tersebut, peserta dianggap mengundurkan diri. Jumlah ini kemungkinan bertambah pada gelombang kedua yang masih berjalan. 

BACA JUGA: Terbongkar, 2 Bocah Pesantren Seberangi Selat Sunda Hanya Bermodalkan Rp6 Ribu, Begini Kisah Perjalanan Mereka

"Ya, mereka absen dan otomatis gagal. Kalau yang gelombang kedua, tunggu hari terakhir. Sementara, 439 peserta yang absen," ujarnya.

Terpisah, pengamat pendidikan Unila Prof. Undang Rosidin mengatakan, banyak faktor yang menyebabkan gugurnya peserta SBMPTN.   Khususnya pandemi yang menjadikan keraguan dalam memilih program studi. 

"Seharusnya mahasiswa memilih program studi jangan sekilas. Mungkin kemantapan itu belum ada, sehingga muncul keragu-raguan. Saya melihatnya seperti itu. Mahasiswa seharusnya mempersiapkan mental. Bukan hanya saat tes. Tetapi saat memilih program studi yang sesuai," tegas Prof. Undang. 

Faktor lain adalah pengalaman belajar daring yang membuat berbagai kebosanan. Lalu, cara tes yang tidak biasa. (mel/ais)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: