Program Saksi Catin, Status Kependudukan Pengantin Baru Otomatis Berubah

Program Saksi Catin, Status Kependudukan Pengantin Baru Otomatis Berubah

Kabag TU Kanwil Kemenag Lampung Marwansyah bersama Bupati Parosil Mabsus dan Kepala Kantor Kemang Lampung Barat me-launching program Saksi Catin, Kamis (2/6). FOTO HUMAS KANTOR KEMENAG LAMPUNG BARAT--

LAMPUNG BARAT, RADARLAMPUNG.CO.IDKepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Lampung yang diwakili oleh Kabag Tata Usaha Marwansyah bersama Bupati Parosil Mabsus dan Kepala Kantor Kemenag Lampung Barat Maryan Hasan memimpin launching Sistem Administrasi Kependudukan dan Sistem Informasi Pencatatan Perkawinan (Saksi Catin).

Kegiatan di MTs Negeri 1 Lampung Barat, Kamis (2/6) tersebut ditandai dengan penandatangan surat perjanjian kinerja antara Kepala Kantor Kemenag Lampung Barat Maryan Hasan bersama Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Ruspan Anwar serta Ketua Pengadilan Agama Krui Sri Nurainy Madjid.

Kerjasama ini merupakan program percepatan layanan publik dalam bentuk pemenuhan hak administrasi kependudukan. Selama ini, setiap pengantin yang telah melaksanakan akad nikah, status kependudukannya tidak akan mengalami perubahan jika mereka tidak mengurus Disdukcapil.

BACA JUGA:Terbukti KdRT, Oknum Pejabat Eselon IV Pemkab Lampung Barat Jadi Tersangka

Dengan kerjasama tersebut, setiap pasangan pengantin yang telah melangsungkan akad nikah, secara otomatis akan mendapatkan buku nikah dan status di kartu keluarga (KK), maupun kartu tanda penduduk (KTP) berubah.

Demikian juga setiap anak yang masuk atau mendaftar ke madrasah. Secara otomatis mendapatkan kartu identitas anak (KIA). Bahkan saat terjadi perceraian, yang bersangkutan mendapatkan KTP dan KK dengan status terbaru.

Bupati Parosil Mabsus memberikan apresiasi atas adanya inovasi layanan publik tersebut. Kerjasama itu akan membantu fungsi dan tugas pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

BACA JUGA:Kapolsek Pergoki Pemalak di Pasar, Malah Mengaku Polisi, Ternyata Penderita Gangguan Jiwa

“Dengan inovasi ini, secara langsung bisa membantu kerja dan kinerja saya selaku pemimpin daerah. Masyarakat Lampung Barat yang tinggalnya jauh dari kabupaten akan sangat terbantu. Saya ucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Kemenag atas inovasinya,” kata Parosil. (nop/ais)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: