Latih Karakter dan Jiwa Kuat Siswa lewat LDK

Latih Karakter dan Jiwa Kuat Siswa lewat LDK

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memberikan arahan kepada siswa SMA yang akan mengikuti latihan dasar kepemimpinan (LDK) di Brigif 4 Marinir/BS, Senin(13/6). FOTO MELIDA ROHLITA/RADARLAMPUNG.CO.ID--

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung bekerjasama dengan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS, menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi pelajar SMA.

Kegiatan yang berlangsung di Piabung, Pesawaran ini berlangsung sejak 13-17 Juni. Diikuti 750 siswa yang tergabung dalam OSIS  dan dibuka Gubernur Arinal Djunaidi. 

Gubernur Arinal mengatakan, LDK merupakan sarana mengasah kemampuan dan membentuk jiwa kepemimpinan peserta didik untuk masa mendatang.

"Terdapat tiga hal yang akan diberikan kepada para peserta LDK. Pertama, menanamkan pandangan dasar kepemimpinan berbasis karakter. Meliputi mengenal diri, fokus pada potensi, pelayanan yang berorientasi berkelanjutan," kata Arinal. 

Kedua, terus Arinal, menguatkan mentalitas dasar pemimpin dengan cakupan integritas, disiplin, mandiri, demokratis, kreatif, dan kemampuan belajar tinggi. Terakhir, melengkapi pengetahuan dan kecakapan pemimpin di masa kini.

Sementara Kepala Disdikbud Lampung Sulpakar menjelaskan, LKD OSIS SMA 2022 memiliki tujuan untuk menggali, mengekspresikan, mengaktualisasi jiwa kepemimpinan, karakter, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik untuk menyiapkan generasi muda menjadi pemimpin tangguh di masa mendatang.

Hasil dari LDK, para peserta akan menjadi duta memberikan contoh hal yang baik kepada pelajar lain.

“Kita ketahui bersama, akhir-akhir ini banyak pelajar mengikuti tawuran. LDK ini salah satu langkah kongkret untuk mencegah hal tersebut," kata Sulpakar. (mel/ais) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: