Calon Jamaah Haji Tanggamus Dilepas 21 Juni

Calon Jamaah Haji Tanggamus Dilepas 21 Juni

Calon jamaah haji (CJH) asal Bandar Lampung masuk ke Asrama Haji Rajabasa, Minggu. (5/5). Mereka akan diterbangkan ke Arab Saudi esok hari. FOTO M. TEGAR MUJAHID/RADARLAMPUNG.CO.ID--

TANGGAMUS, RADAR LAMPUNG.CO.IDCalon Jamaah Haji (CJH) Tanggamus dijadwalkan berangkat ke Arab Saudi pada 22 Juni 2022 mendatang. Sebelum bertolak ke tanah suci, rombongan lebih dulu transit di Asrama Haji Bandar Lampung.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Mardanus mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tanggamus Mahmudin Aris Rayusman mengatakan, jumlah calon jamaah haji yang berangkat ke tanah suci sebanyak 158 orang. Rinciannya pria 65 orang dan wanita 93 orang.

"Seharusnya 377 orang yang berangkat. Namun karena ada peraturan baru dari Kerajaan Arab Saudi, imbas dari pandemi Covid-19, kuota untuk Indonesia dibatasi dan berimbas ke kabupaten/kota," kata Mardanus.

BACA JUGA:Pemkab Tanggamus Petakan Peluang Honorer Non Guru Ikut Tes PPPK

Dijelaskan Mardanus, 377 jamaah tersebut sudah melunasi biaya pemberangkatan haji sejak 2020. Namun karena saat itu awal pandemi Covid-19, di mana kasusnya sangat tinggi pada beberapa negara, maka Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menutup sementara aktivitas peribadatan dari luar Arab.

"Untuk keberangkatan tahun ini ada mekanismenya. Dilihat dari nomor porsi. Contoh dari nomor 1-50. Lalu kriteria lainnya usia maksimal 65 tahun. Kita sudah sosialiasikan ini kepada CJH. Bahwa ini peraturan yang diterapkan Arab Saudi, bukan maunya pemerintah Indonesia. Tujuannya untuk keselamatan jamaah itu sendiri, Alhamdulillah mereka mengerti setelah dijelaskan," terangnya.

Masih kata Mardanus, , CJH Tanggamus nantinya dilepas pada Selasa (21/6) oleh Bupati Dewi Handajani di Islamic Center Kotaagung.

BACA JUGA:Dapat Petikan SK, Ini Pesan Bupati Tanggamus Kepada PPPK

"Insya Allah akan dilepas oleh ibu bupati. Mereka sudah harus masuk Asrama Haji Rajabasa untuk pemeriksaan dokumen, termasuk pemeriksaan hasil PCR. Lalu besok paginya terbang dari Bandara Raden Inten menuju embarkasi Jakarta. Rabu (22/6), CJH diterbangkan dari Bandara Soekarno Hatta menuju Arab Saudi. Kabupaten Tanggamus masuk dalam kloter 28 JKG tergabung bersama Bandar Lampung, Way kanan dan Pesisir Barat," urainya.

Pemerintah, lanjut Mardanus, berharap agar proses keberangkatan ibadah haji tahun ini berjalan lancar, mulai dari pemberangkatan hingga kepulangan jamaah haji.

"Semoga semuanya berjalan lancar tidak ada kendala suatu apapun dan jamaah menjadi haji yang mabrur dan mabruroh. Untuk CJH Tanggamus yang, temuda Siti Nurjanah umur 20 tahun asal Kecamatan Air Naningan dan Siti Aminah umur 65 tahun, dari Pekon Srikuncoro Kecamatan Semaka,"pungkasnya. (ehl/ral/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: