Iklan Bos Aca Header Detail

Kabar Baik, Pembangunan Perpustakaan Modern Segera Dilanjutkan

Kabar Baik, Pembangunan Perpustakaan Modern Segera Dilanjutkan

Kondisi bangunan Perpustakaan Modern yang berlokasi di Jalan ZA Pagar Alam, Kedaton, Bandar Lampung, yang tak kunjung dilanjutkan, hingga Minggu (19/6). Foto M. Tegar Mujahid/Radarlampung.co.id--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pembangunan lanjutan perpustakaan modern bakal dilakukan dalam waktu dekat.

Rencananya, pembangunan berlanjut pada pembangunan furniture dalam perpustakaan dan telah melalui masa pengadaan dengan sistem lelang.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Permukiman, Kawasan Perumahan, dan Cipta Karya (PKPCK) Provinsi Lampung Thomas Edwin.

"Iya segera dibangun kembali, sudah proses lelang," ungkapnya, Minggu (19/6).

Dia mengatakan, dana yang dikucurkan tahun ini sekitar Rp5,9 miliar. Proses pembangunan akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Perpustakaan ini juga kan masih bertahap penganggarannya, tahun ini sudah. Dan ini sebentar lagi akan kita kerjakan," katanya.

Dari data yang diakses melalui https://www.lpse.lampungprov.go.id/ diketahui pembangunan gedung Perpustakaan Modern lanjutan tersebut telah dimenangkan oleh Affika Karya Mandiri yang beralamat di Bandar Lampung.

Affika Karya Mandiri menang dari 12 peserta lainnya yang mengikuti tender tersebut.

Sebelumnya, sejak 2021, Pemprov Lampung memang sudah menargetkan Perpustakaan Modern agar segera dapat digunakan.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Fahrizal Darminto yang menyatakan Pemprov Lampung ingin Perpustakaan Modern itu segera digunakan.

Fahrizal menyebut saat itu diperlukan anggaran finishing, mengingat gedung tersebut baru berbentuk gedung bagian luar saja. Sementara di bagian dalam belum dapat digunakan.

"Perpustakaan itu gedungnya baru dinding luar saja. Halamannya belum, dan interior di dalamnya belum. Maka ada anggaran di 2022 itu saya minta dengan anggaran yang ada dimanfaatkan sehingga gedung bisa dimanfaatkan. Saat ini belum diisi apa-apa, bahkan belum ada halaman. Dengan adanya anggaran tersebut diharapkan segera bisa difungsikan," beber Fahrizal.

Dia menyebutkan, Pemprov Lampung memiliki rencana pengembangan ekonomi kreatif di dalam perpustakaan tersebut. Dan diharapkan perpustakaan yang juga tersedia di dalam gedung tersebut dapat mendukung ekonomi kreatif yang dapat mendongkrak kreativitas masyarakat sehingga bisa meningkatkan perekonomian.

"Kalau kita bicara sekolah, perpustakaan, laboratorium itu sarana prasarana untuk mendukung dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, mendukung peningkatan produktivitas, pengembangan kreativitas, jadi tidak hanya perpustakaan gedung yang berisi buku. Tapi, fungsinya untuk membangun sumber daya manusia (SDM), membangun kreativitasnya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: