Bahaya! Dampak Makan Mie Instan Pakai Nasi

Bahaya! Dampak Makan Mie Instan Pakai Nasi

RADARLAMPUNG.CO.ID - Seseorang harus patut waspada jika memakan mie instan pakai Nasi.

Sebab, ada beberapa dampak yang akan terjadi jika memakan mie instan pakai Nasi. Terutama bagi kesehatan tubuh.

Mencampur mie instan pakai Nasi, biasanya sering digunakan oleh kalangan mahasiswa, terutama anak kost.

Kebiasaan ini, harus segera dihindari. Karena pada umumnya, seseorang menambahkan nasi dalam satu mangkuk mie instan, agar rasa mie instan lebih lezat atau bisa membuat perut kenyang.

BACA JUGA:Soal Isu Kecurangan SBMPTN, Ini Kata Panitia Lokal Universitas Lampung

Menurut dr.Damar Upahita, Setiap merek mie instan, memiliki bahan-bahan berbeda, namun kebanyakan dari mereka, memiliki bahan yang sama dan sering dipakai. Melansir dari Healthline, mayoritas mie instan tinggi karbohidrat, lemak, sodium, kalori, protein dan beberapa mikronutrien.

"Kandungan karbohidrat yang tinggi dari kedua makanan ini, membuat kombinasi mie instan dan nasi memberi dampak buruk bagi tubuh. Karena karbohidrat memiliki sifat yang mengenyangkan dalam waktu singkat. Sehingga, kita tidak ingin makan lagi dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi. Tubuh tidak hanya butuh karbohidrat, tapi juga protein, lemak, dan mineral lainnya. Ketidakseimbangan nutrisi ini akan membuat kita berisiko mengalami malnutrisi atau kekurangan gizi," ungkap dr.Damar Upahita, seperti dikutip Radarlampung.co.id dari hellosehat.com pada Rabu 22 Juni 2022.

Dia menjelaskan, kombinasi mie instan dan nasi, dapat menghasilkan 750 kalori hanya dari karbohidrat dan ini tidak sehat untuk tubuh. Sebab, saat memakan mie instan pakai nasi, karbohidratnya masuk ke dalam tubuh, makanan ini akan dicerna menjadi gula dan meningkatkan hormon insulin.

"Kalau mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat yang berlebihan, karbohidrat masuk ke dalam tubuh akan berubah menjadi zat lain. Seperti, kekurangan lemak, maka karbohidrat berubah menjadi lemak. Pemrosesan lemak akan dipindahkan ke hati sebagai sistem pendukung pencernaan. Lemak baik akan bermanfaat bagi tubuh, tapi kalau lemak jahat yang menumpuk di liver, Tentu ini akan memicu kerusakan fungsi hati. Makanya harus waspada," ujarnya.

BACA JUGA:Surat Cinta

Selain itu, sambung dr.Damar, sering makan mie instan pakai Nasi akan membuat perut buncit. Sebab, kelebihan karbohidrat, membuat lingkar perut seseorang menjadi lebih besar yang disebabkan lemak jenuh menumpuk di tubuh.

Jika kondisi ini terus diabaikan, akan memicu obesitas atau kelebihan berat badan, sehingga berbahaya bagi kesehatan dalam jangka panjang.

"Kalau memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya hindari kebiasaan makan mie instan pakai nasi. Mie instan mengandung sodium yang meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Kalau kebiasaan ini dilakukan dalam jangka panjang, bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular," katanya.

BACA JUGA:Hakim Sama, Pengendali Sabu 92 Kg Bebas, Kurir 21 Kg Sabu Dihukum Mati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: