HUT 77 RI

Pastikan Bebas PMK, Disbunnak Tanggamus Gencarkan Pemeriksaaan Hewan Kurban

Pastikan Bebas PMK, Disbunnak Tanggamus Gencarkan Pemeriksaaan Hewan Kurban

Petugas dari Disbunnak Tanggamus saat memeriksa hewan kurban di Pekon Landsbaw, Kecamatan Gisting. FOTO DOK DISBUNNAK TANGGAMUS--

TANGGAMUS, RADARLAMPUNG.CO.ID - Tim Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Tanggamus gencar melakukan pemeriksaan hewan kurban, menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah. 

Ini untuk memastikan hewan kurban yang disembelih nantinya bebas dari penyakit berbahaya, khususnya penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) drh. Ari Priyanto mengatakan, pemeriksaan hewan kurban seperti sapi, kerbau, kambing dan domba dilakukan di pengepul dan belantik ternak secara door to door. Hal ini karena di Tanggamus belum ada pasar hewan.

"Untuk hewan kurban yang sudah diperiksa dan dinyatakan sehat, akan diberi surat keterangan sehat," kata drh. Ari Priyanto mewakili Kepala Disbunnak Tanggamus Dhani Reza Efriansyah. 

BACA JUGA: Banjir Komentar, Puan Maharani Sibuk Nge-Vlog saat Jokowi Menghadap Megawati Jelang Rakernas

Drh. Ari Priyanto mengakui, pemeriksaan hewan ternak terkendala jumlah petugas yang berkeliling 20 kecamatan dan seluruh pekon.

Karena itu ia mengimbau kepada panitia kurban atau pengkurban, jika ternaknya belum diperiksa, bisa menghubungi puskeswan terdekat atau  petugas teknis peternakan.

Di Tanggamus ada lima Puskeswan, yaitu Puskeswan Kecamatan Bulok, Pugung, Pulau Panggung,  Kotaagung Timur dan Semaka.

"Jadi, silahkan bagi masyarakat yang hendak memeriksa hewan kurbannya untuk mendatangi puskeswan terdekat. Sebab ternak kurban harus sehat atau sesuai fatwa MUI," ucapnya.

BACA JUGA: Perhatian untuk Orang Tua! Medsos Salah Satu Pemicu Kekerasan Seksual Anak di Bawah Umur

Drh. Ari melanjutkan, sementara ini di Tanggamus belum menemukan adanya penyakit PMK pada hewan ternak.

"Alhamdulillah, masih aman. Tanggamus masih zona hijau untuk PMK," pungkasnya. (ehl/ral/ais)

 

 

Sumber: