Kementerian Desa Berikan Apresiasi yang Tinggi ke Tubaba

Kementerian Desa Berikan Apresiasi yang Tinggi ke Tubaba

--

TUBABA, RADARLAMPUNG.CO.ID - Kepala Pusat Pengembangan Daya Saing Desa pada Kementrian Desa PDTT, Helmiati, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung.

Karena menurutnya, Kabupaten Tubaba mempunyai keinginan yang kuat untuk terus maju dan berkembang meski sebenarnya daerah ini merupakan pemekaran kabupaten Kabupaten Tulang Bawang.

Karenanya, kehadirannya di Kabupaten Tubaba guna melihat proses yang sudah dikembangkan.

"Maka kita hadiri disini untuk melihat langsung bagaimana proses yang sudah dikembangkan, mudah-mudahan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat," katanya

BACA JUGA:Wakapolres Tubaba Diganti, Ada Apa Ya?

Menurutnya, masyarakat di Kabupaten Tubaba memiliki kemauan untuk berinovasi, karena terbukti dari hasil kunjungannya berbagai daerah nampak kemajuan dan perkembangan untuk terus tumbuh membangun daerah.

“Masyarakat Kabupaten Tubaba welcome dengan teknologi, mereka mungkin sudah merasakan bahwa teknologi tepat guna ini dapat meningkatkan produktifitas mereka, sehingga mau tidak mau akan berdampak kepada peningkatan ekonomi masyarakat," katanya.

Penerapan teknologi tepat guna di Pulung Kencana, dan penerapan teknologi informasi pelayanan Smart Village di tiyuh setempat, pihaknya juga mengapresiasi inovasi yang telah dilakukan Pemerintah Tiyuh Pulung Kencana sejak 2019.

“Sistem informasi desa sudah bagus sekali, informasi dan pelayanan yang diterapkan sudah by name by address, hampir semua data yang dibutuhkan masyarakat sudah tersedia di data Smart Village ini,” kata dia.

BACA JUGA:Datang ke Tubaba, Baim Wong Temui Mbah Sunardi yang Dibayar Pakai Uang Palsu

Jadi, sekarang tinggal bagaimana memanfaatkan inovasi, keberadaan pelayanan canter itu. Untuk memanfaatkan data, dan potensi desa sehingga mudah untuk dikembangkan.

Pihaknya juga meminta kepada Pemkab Tubaba dapat mengutus Pemerintah Tiyuh Pulung Kencana untuk melakukan pemaparan penerapan TTG dengan memanfaatkan hewan Burung Hantu untuk pengendalian.

Penerapan smart village, bank sampah yang hasilnya dimanfaatkan untuk pembayaran iuran BPJS masyarakatnya, dan ketersediaan bank darah.

“Dalam waktu dekat Kemendes akan menggelar pelatihan dan penjurian penerapan inovasi TTG yang dilaksanakan desa di Jakarta. Pemerintah Tiyuh Pulung Kencana diharapkan bisa melakukan pemaparan di sana,” ucapnya saat melihat langsung pengaplikasian smart village di Balai Tiyuh Pulung Kencana.

BACA JUGA:Sindikat Pembuatan Sim Palsu Diamankan Polres Tubaba

Kehadiran Kepala Pusat Pengembangan Daya Saing Desa pada Kementrian Desa PDTT ini langsung disambut oleh Pj. Bupati Tubaba Dr. Zaidirina MM.

Selain pertemuan di kantor bupati, Zaidirina juga langsung memandu langsung kunjungan ke berbagai objek wisata yang telah ada di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai ini, diantaranya relief Patung Mego Pak, Komplek Dunia Akhirat- Islam Center, Tugu Rato Nago Besanding, Kawasan Kota Budaya Uluan Nughik dan sejumlah tempat wisata lainnya. (fei/ang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: