Waspada! Gelombang Tinggi 6 M Berpotensi Terjadi di 3 Wilayah Ini, Kapal Ferry pun Dapat Peringatan

Waspada! Gelombang Tinggi 6 M Berpotensi Terjadi di 3 Wilayah Ini, Kapal Ferry pun Dapat Peringatan

Ilustrasi gelombang tinggi. (Pixabay)--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini mengenai gelombang tinggi enam meter yang berpotensi terjadi di Samudra Hindia bagian selatan hari ini, Minggu 26 Juni 2022, sampai besok Senin 27 Juni 2022.

Adapun masyarakat di pesisir selatan Banten, Jawa Barat, hingga Jawa Tengah diimbau waspada.

"Eh gawat nih, di Samudra Hindia Selatan Banten dan selatan Jabar hingga Jateng terpantau berpotensi gelombang sangat tinggi hingga 6 meter!," Demikian tulis BMKG melalui akun Twitter @infohumasBMKG

BMKG menjelaskan, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 4-20 knot.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Lampung, Peringatan Dini BMKG, Waspada Hujan Lebat dan Angin Kencang

Lalu, di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 10-27 knot.

"Tinggi gelombang lebih dari 2,5 meter berpeluang terjadi di Perairan utara Sabang, Selat Sunda bagian selatan, Selat Bali bagian selatan, Selat Lombok bag. selatan, Perairan Kupang-P. Rotte dan Laut Arafuru," sambung laporan BMKG tersebut.

Sementara, kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan selatan Jawa, Selat Karimata, Laut Jawa, Laut Banda, dan Laut Arafuru.

Selanjutnya, gelombang setinggi 2,5-4,0 meter diprediksi terjadi di perairan utara Sabang, Selat Sunda bagian selatan, Selat Bali bagian selatan, Selat Lombok bagian selatan, perairan Kupang-P Rotte dan Laut Arafuru.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Lampung, 12 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang  

Pada kesempatan yang sama, BMKG pun mengimbau perlu diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran seperti perahu nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), dan Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m).

Berikutnya, Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," lanjut imbauan BMKG kembali. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pmjnews