Dispar Bandar Lampung Datangi 189 Tempat Penginapan dan Wisata

Dispar Bandar Lampung Datangi 189 Tempat Penginapan dan Wisata

Petugas Dinas Pariwisata Bandar Lampung turun melakukan pendataan pengunjung wisatawan. Sumber Foto: Sekretaris Dispar Bandar Lampung --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Pariwisata (Dispar) Bandar Lampung mulai melakukan pendataan jumlah kedatangan wisatawan yang datang tahun ini.

Ada 189 tempat penginapan dan tempat wisata di Bandar Lampung yang didatangi untuk menjadi target pendataan kunjungan wisatawan tahun ini.

Kepala Dinas Pariwisata Bandar Lampung M. Yudhi melalui Sekretaris Dirmansyah mengatakan, pendataan dimulai 22-27 Juni 2022. Ditargetkan data tersebut terkumpul pada 6 Juli mendatang.

Dalam pendataan kunjungan wisatawan, Dirmansyah mengungkapkan data yang diambil seperti data kunjungan wisata, jumlah kamar penginapan, karyawan bersertifikat, data kuesioner terkait belanja wisatawan, pembinaan norma-norma CHSE, dan lainnya.

BACA JUGA:Eva Dwiana Beri Warning Keras ke Aparat Dukcapil, Masyarakat Wajib Tahu

"Data kuesioner seperti nama wisatawan, daerah asal, lama menginap, biaya kamar per malam, biaya makan dan minum, transportasi yang digunakan, dan lainnya," ujar Dirmansyah saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 29 Juni 2022.

Dirmansyah melanjutkan, survei yang dilakukan berguna untuk melakukan perbaikan dan perkembangan pariwisata di Bandar Lampung.

Selain itu, hasil survei juga bisa bermanfaat untuk pengembangan bisnis guna menarik investor.

"Data ini berguna bagaimana melihat tren pertumbuhan wisatawan, tren belanja, danainnya. Data ini dapat digukan untuk pelaku usaha. Misal untuk melihat investasi apa yang bagus disini. Kalau data lama menginap di sini 1,8 hari rata-rata," terang Dirmansyah.

BACA JUGA:Pemkot Bandar Lampung Dapat Alokasi Vaksin PMK, Ini Pihak-pihak yang Bisa Memanfaatkannya

Jika melihat data kunjungan beberapa tahun terakhir, Dirmansyah mengungkapkan sempat menurun dari 1.086.711 di 2019 menjadi 821.259 di 2020.

Namun, jumlahnya mulai kembali meningkat di 2021, yakni mencapai 854.084 pada 2021 lalu.

Ia memprediksi terjadi kenaikan jumlah wisatawan yang datang ke Bandar Lampung di tahun 2022.

Selain karena situasi pandemi telah pulih, Bandar Lampung juga sempat menjadi tuan rumah kegiatan nasional dan akan menjadi tuan rumah kegiatan nasional lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: