HUT 77 RI

Penetrasi Pasar, Segini Harga Bahan Pokok di Kota Metro

Penetrasi Pasar, Segini Harga Bahan Pokok di Kota Metro

FOTO DOK. PROTOKOL SEKRETARIAT KOTA METRO - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menggelar penetrasi pasar di Pasar Kopindo. Hal tersebut sebagai upaya pemkot untuk stabilisasi harga.--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menggelar penetrasi pasar di Pasar Kopindo. Hal tersebut sebagai upaya pemkot untuk stabilisasi harga.

Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Kota Metro Elmanani mengatakan, penetrasi pasar melibatkan beberapa distributor bahan kebutuhan pokok. 

Antara lain Bulog Subdivre Lampung Tengah, UD Bawang Lanang, Agen Telur Cik Lina, dan CV Jembatan Hitam.

Penetrasi ini digelar untuk menjaga stabilitas harga pangan, terutama ini menjelang Hari Raya Idul Adha. Ini juga untuk memastikan ketersediaan bahan pangan pokok aman di wilayah Kota Metro,” ujarnya, Kamis 30 Juni 2022.

BACA JUGA:Simak, Ini 15 Titik Pendistribusian Minyak Goreng Curah untuk Warga Tulang Bawang

Penetrasi tersebut juga sebagai upaya pemerintah menyediakan bahan pokok dengan harga yang sangat terjangkau. Sehingga bisa membantu masyarakat dalam memperoleh bahan pokok.

“Di kegiatan penetrasi pasar ini harganya di bawah pasaran. Seperti bawang merah yang dijual Rp48 rubu per kg,” katanya.

Bahan pokok yang dijual diantaranya beras dijual dengan harga Rp10.400 per kg, tepung terigu Segitiga Biru Rp10.400 per kg, Kecap Bango 550 ml Rp20 ribu, Dencis merk Rabbin Rp15 ribu, telur ayam Rp25 ribu per kg. 

Lalu, gula putih Rp13.250 per kg, bawang merah Rp48 ribu per kg, bawang putih Rp15 ribu per kg dan minyak goreng Rp14 ribu per 900 ml.

BACA JUGA:Siang Bolong, Rampok dengan Pecah Kaca Gasak Uang Dinas P3AP2KB Way Kanan, Nominalnya Nyaris Rp 1 M

Sementara itu, Novita, warga Hadimulyo Barat, Kecamatan Metro Pusat, mengatakan, dirinya cukup terbantu dengan hadirnya penetrasi pasar tersebut. Sebab ia bisa mendapatkan bahan pokok dengan harga di bawah harga pasar.

“Seperti harga telur ayam, sekarang ini sudah tinggi kalau di warung harganya bisa Rp28 ribu per kg. Di penetrasi pasar ini harganya hanya Rp25 ribu,” ungkapnya. 

Diberitakan, Asisten II Sekretariat Kota Metro Yerri Ehwan mengatakan bahwa pihaknya berkoordinasi dengan para pelaku usaha untuk berpartisipasi dalam penetrasi pasar tersebut. 

Para pelaku usaha dapat menjual sejumlah produk kebutuhan makanan dengan harga lebih rendah dibandingkan di pasaran.

Sumber: