HUT 77 RI

Suhu di Arab Saudi Capai 44 Derajat Celcius, Senator Jihan Sarankan Ini

Suhu di Arab Saudi Capai 44 Derajat Celcius, Senator Jihan Sarankan Ini

BANDAR LAMPUNG, RADARLAMPUNG.CO.ID – Suhu udara di Arab Saudi mencapai 44 derajat Celcius. Jemaah haji asal Lampung pun diharapkan tetap menjaga kesehatannya.

Pengawas haji DPD RI dari Komite III, dr. Jihan Nurlela, mengatakan bahwa mayoritas kondisi jemaah haji baik dan sehat. Meskipun suhu udara mencapai 40-44 derajat Celcius.

Jihan Nurlela mengatakan, beberapa kloter jemaah haji asal Lampung juga kembali mendapatkan manasik haji. Hadir dalam manasik haji tersebut, Sekretaris Provinsi Lampung Fahrizal Darminto.

Tadi bersama pak sekda (Sekretaris Provinsi Lampung Fahrizal Darminto), manasik lagi beberapa kloter dari Lampung. Semoga semua jemaah sehat,” kata Jihan Nurlela kepada radarlampung.co.id melalui telepon, Minggu 3 Juli 2022.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Pamit Berangkat Haji Gunakan Nama Eril, Ternyata Begini Hukumnya Dalam Islam

“Obat-obatan dan catering aman. Nggak ada keluhan. Mobilitas jemaah juga aman walaupun dari hotel ke masjid jauh,” kata Jihan Nurlela yang merupakan adik dari Wakil Gubernur Lampung Chusnunia ini.

Dalam manasik tersebut, jemaah haji dibekali lagi antisipasi terhadap keadaan cuaca dari para pendamping haji. Jemaah diminta untuk tidak terlalu memforsir kegiatan ibadah sunnah untuk mempersiapkan hari puncak haji nanti.

Dari pengawasannya ke kelompok terbang (kloter) 04, 07, dan 23, Jihan Nurlela melaporkan bahwa terdapat satu orang yang sakit. Jemaah juga terpantau memiliki keluhan dehidrasi ringan.

”Keluhan-keluhan ringan tanda-tanda dehidrasi. Tapi nggak berat. Karena jemaah sudah paham untuk antisipasi dehidrasi,” ucap Jihan Nurlela.

BACA JUGA:Pelajar SMA dan SMK 'Serbu' Polres Mesuji

Dari sisi medis, Jihan Nurlela menyarankan jemaah untuk memperhatikan terus tanda dehidrasi. Seperti kulit kering, sedikit buang air kecil, urin berwarna kuning, badan lemas, mata cekung, demam, dan lain-lain.

Jihan Nurlela juga meminta jemaah untuk memperhatikan input cairan yang masuk. Selain itu, minum vitamin supaya imunnya tetap terjaga. (*)

 

Sumber: