Versi Charta Politika: Ganjar Pranowo Unggul di Lampung dan Sumsel

Versi Charta Politika: Ganjar Pranowo Unggul di Lampung dan Sumsel

JAKARTA, RADARLAMPUNG.CO.IDElektabilitas Ganjar Pranowo telah unggul di Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan (Sumsel).

Ini berdasarkan hasil Survei Charta Politika terkait calon presiden RI. Dalam survei itu, dilakukan di tiga provinsi yakni Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Provinsi Lampung. 

Jumlah pemilih tertinggi di Pulau Sumatera yang dilakukan mulai 2 - 7 Juni 2022, dengan jumlah sampel sebanyak 800 responden dengan margin of error 3,46 % perprovinsi.

Survei itu, dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur dengan protokol kesehatan yang ketat.

BACA JUGA:Jumlah Realisasi Vaksin PMK di Lampung Baru Segini

”Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat (multistage random sampling) pada tingkat kepercayaan 95 persen,” ungkap Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dilansir pada laman https://www.chartapolitika.com/, pada Rabu 6 Juli 2022.

Dari survei itu, hasilnya sangat mencengangkan. Dimana Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengantongi elektabilitas capres tertinggi di Lampung dan Sumatera Utara. Sedangkan Prabowo Subianto unggul di Sumatera Utara.

Berdasarkan survei di 3 provinsi tersebut, Yunarto menyimpulkan terjadi hasil yang berbeda. Dia menyebut di Provinsi Sumatera Selatan, nama Prabowo Subianto sangat mendominasi dibandingkan dengan Ganjar dan Anies.

”Prabowo Subianto sangat mendominasi pilihan publik Sumatera Selatan sebagai calon Presiden. Dalam simulasi yang diberikan, pilihan terhadap Prabowo Subianto jauh berada di atas nama-nama lainnya. Sementara pada urutan berikutnya diikuti Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo,” ucap Yunarto.

BACA JUGA:Waduh! Tabung Gas Bocor di Jalan Gatot Subroto

Sementara itu, Yunarto menyebut, pada Provinsi Lampung dan Sumatera Utara, Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas lebih tinggi dari Prabowo dan Anies. Dia menyebut di kedua provinsi tersebut elektabilitas Ganjar, Prabowo, dan Anies meninggalkan tokoh lainnya.

Elektabilitas Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto berada jauh di atas nama-nama lainnya pada simulasi 10 nama lain.

Adapun nama capres lain, seperti Sandiaga Uno, Agus Harimurti Yudhoyono, Ridwan Kamil, Puan Maharani, Erick Thohir, Khofifah Indar Parawansa dan Airlangga Hartarto. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: